Efektivitas penggunaan media internal majalah info BCA thd pemenuhan kebutuhan informasi karyawan halo BCA PT Bank BCA

Siregar, Suhartoni (2009) Efektivitas penggunaan media internal majalah info BCA thd pemenuhan kebutuhan informasi karyawan halo BCA PT Bank BCA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI SUHARTONI SIREGAR (44207110012) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA INTERNAL MAJALAH “INFO BCA” TERHADAP KEBUTUHAN INFORMASI KARYAWAN HALO BCA, PT BANK CENTRAL ASIA, Tbk i-ix + 92 Halaman + 5 lampiran Bibliografi : 37 buku (1970-2007) Majalah internal merupakan alat komunikasi internal organisasi yang mengusahakan agar para karyawan mengetahui apa yang sedang dipikirkan manajemen dan sebaliknya. Tujuan utama media internal adalah memberikan informai kepada karyawan mengenai kebijaksanaan dan kegiatan perusahaan serta meningkatkan semangat kerja dan loyalitas karyawan. PT Bank Centrasl Asia, Tbk merupakan salah satu perusahan perbankan terbesar di Indonesia yang juga memiliki majalah internal yaitu majalah ”Info BCA”. Majalah “Info BCA” dikelolah oleh Divisi Pengembangan Dana dan Jasa (DPDJ), Sub Divisi Komunikasi Pemasaran (SKP), Aspek Hubungan Masyarakat (Humas) BCA. Perumusan masalah penelitian ini adalah sejauhmana efektifitas media internal majalah “Info BCA” untuk memenuhi kebutuhan informasi karyawan PT Bank Central Asia Tbk yang ada di Biro Halo BCA. Kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah komunikasi,komunikasi organisasi, public relations, media komunikasi internal, majalah internal, efektifitas, dan kebutuhan informasi. Tipe penelitian ini adalah tipe penelitian deskriptif dengan metode penelitian kuantitatif denga melakukan survei. Dengan demikian, dapat dikatakan metode dalam penelitian ini adalah survei deskriptif Teknik analisa data yang digunakan adalah skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan responden menyatakan efektif dengan persentase 54.12%, sedangkan yang menyatakan sangat efektif adalah 15.57%, Efektif 54.12%, Cukup Efektif 20.54%, Tidak Efektif 7.68%, dan Sangat Tidak Efektif 2.10%. Namun, berdasarkan kisaran nilai efektifitas, majalah “Info BCA” masih dapat dikatakan cukup efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 09 116
Call Number: SK/09/466
NIM/NIDN Creators: 44207110012
Uncontrolled Keywords: media internal, bca, bank, informasi karyawan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 10 Nov 2009 16:04
Last Modified: 31 May 2017 02:10
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25988

Actions (login required)

View Item View Item