Pelaksanaan strategi komunikasi pemasaran harian pagi indopos dlm mendapatkan klien pemasang iklan tahun 2008 (PT Indopos intermedia press)

Sari, Umi Ratna (2009) Pelaksanaan strategi komunikasi pemasaran harian pagi indopos dlm mendapatkan klien pemasang iklan tahun 2008 (PT Indopos intermedia press). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Umi Ratna Sari (44301150020) Pelaksanaan strategi komunikasi pemasaran harian pagi Indo Pos dalam mendapatkan klien pemasang iklan tahun 2008 (xii + 90 halaman + Bagan + Lampiran + Riwayat hidup + 17 Referansi 1976-2005) Pentingnya iklan bagi media cetak, merupakan masukan utama dalam menjalankan aktifitas sebagai media massa yang professional dan mencari keuntungan, akan tetapi persaingan antar media cetak semakin ketat dikarenakan jumlahnya yang semakin bertambah, sehingga berpengaruh dalam penjualan ruang iklan, maka media harus mempunyai strategi pemasaran dalam mendapatkan keuntungan dari ruang iklan. Penulis memilih surat kabar Indo Pos sebagai objek penelitian karena minat dan ketertarikan penulis terhadap strategi komunikasi pemasaran surat kabar Indo Pos karena memiliki pemasang iklan yang cenderung setia beriklan di surat kabar Indo Pos. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan surat kabar Indo Pos dalam mendapatkan klien dalam memasang iklan, tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran surat kabar Indo Pos. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah A System of Marketing Communication dari Chriss Fill (Organisasi yang dipandang sebagai sistem sosial yang terbuka dan semua komponen-komponen yang ada dalam sistem secara interaktif saling bergantung satu dengan yang lainnya) Sifat penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus, teknik pengumpulan data dengan indepth interview dengan narasumber Bapak Ave Rosa sebagai Manager Iklan dan Advertorial serta Bapak Aminul Huda sebagai Manager Iklan. Hasil penelitian yang didapat adalah surat kabar Indo Pos tidak melakukan metode khusus dalam mendapatkan klien, strategi yang dilakukan adalah dengan melakukan pendekatan emosional dan personal kepada pihak-pihak yang paling berpengaruh atau berkepentingan seperti manager iklan di biro iklan, surat kabar Indo Pos lebih mengutamakan kebutuhan klien dibandingkan kebutuhan audience, surat kabar Indo Pos mengatur penempatan atau tata letak iklan agar iklan cepat mendapat respons dari pembaca surat kabar Indo Pos.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/MCA. 09 036
Call Number: SK/09/465
NIM/NIDN Creators: 44305110020
Uncontrolled Keywords: komunikasi pemasaran
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 10 Nov 2009 16:00
Last Modified: 31 May 2017 02:10
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25987

Actions (login required)

View Item View Item