Strategi pencitraan PKS melalui iklan politik dlm menghadapi pemilu legislatif tahun 2009

Astuti, Ice (2009) Strategi pencitraan PKS melalui iklan politik dlm menghadapi pemilu legislatif tahun 2009. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Universitas : Mercu Buana Fakultas : Ilmu Komunikasi Jurusan : Public Relations Nama : Ice Astuti Judul : Strategi Pencitraan Partai Keadilan Sejahtera Melalui Iklan Politik Dalam Menghadapi Pemilu Legislatif Tahun 2009 Biografi : (viii+90 Halaman+Bibliografi 1985-2008) Pemilu Legislatif tahun 2009 menuntut Humas Parpol untuk semakin lebih cerdas dalam menyosialisasikan partainya serta inovatif dalam menciptakan pencitraan yang baik agar membuat masyarakat percaya dan mau memilih partainya pada saat pemilihan umum nantinya lewat komunikasi yang baik. Persaingan yang ketat diantara 34 partai politik membuat Humas partai politik membuat berbagai macam cara dan yang sedang populer akhir-akhir ini adalah iklan politik lewat media Televisi. Layaknya sebuah perusahaan dalam memasarkan produknya melalui iklan, partai politik juga telah menggunakan iklan untuk ’memasarkan’ program partai. Begitu pun dengan PKS yang menggunakan Iklan politik di Televisi sebagai manuver politiknya. Strategi pencitraan yang dilakukan oleh PKS melalui iklan politik dalam menghadapi pemilu legislatif tahun 2009 sangat diperlukan sekali. Pada penelitian ini strategi yang digunakan adalah proses perencanaan strategis yang dilakukan dengan tahapan Mendefinisikan Problem (fact finding), Perencanaan dan Pemrograman (Planning), Mengambil Tindakan dan Berkomunikasi (Communications) serta Mengevaluasi Program (Evaluations). Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif, denga npendekatan kualitatif yang memberikan gambaran atau penjabaran tentang kondisi empiris objek penelitian berdasarkan karakteristik yang dimiliki. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Studi Kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam (indepth interview), bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penelitian dengan melakukan wawancara mendalam dengan beberapa narasumber dari Tim Pemenangan Pemilu Nasional (TPPN) PKS. Hail penelitiannya adalah PKS dengan target pemenangan 20% ingin membuat strategi yang membuat citra PKS yang terkesan Eksklusif menjadi Inklusif serta mengesankan profesional dengan diimplementasikan pada programprogram yang nasionalis dan tidak melulu berbau islami. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa bahwa PKS telah melaksanakan strategi pencitraan dengan baik walaupun target 20% tidak terpenuhi. Sarannya adalah agar PKS terus membuat strategi yang inovatif dan kreatif sehingga pada pemilu legislatif yang akan datang PKS benar-benar bisa menjadi pemenang.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 09 122
Call Number: SK/09/461
NIM/NIDN Creators: 44205010029
Uncontrolled Keywords: pencitraan - iklan politik, pemilu legislatif
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 10 Nov 2009 15:46
Last Modified: 31 May 2017 02:10
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25984

Actions (login required)

View Item View Item