Representasi posfeminisme dlm iklan eksploitasi sisi emosional wanita dlm iklan joy green tea dan tim tam crush

Dwityas, Nindyta Aisyah (2009) Representasi posfeminisme dlm iklan eksploitasi sisi emosional wanita dlm iklan joy green tea dan tim tam crush. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI NINDYTA AISYAH DWITYAS 44305010020 REPRESENTASI POSFEMINISME DALAM IKLAN (Eksploitasi Sisi Emosional Wanita Dalam Iklan Joy Green Tea dan Tim Tam Crush) ix halaman + 115 halaman ; 1 tabel ; 5 gambar Bibliografi : 20 buku (1988-2007) ; 4 artikel situs internet Penggunaan sosok pria dan wanita dalam iklan sudah sejak lama dapat ditemui. Melalui hal tersebut, berbagai citra-citraan yang dimunculkan telah ikut melekatkan stereotip-stereotip yang disebut dengan stereotip gender. Dan seringnya stereotip yang dilekatkan pada masing-masing gender bersifat bias, timpang, bahkan tidak benar, hal tersebut berlaku baik untuk pria maupun wanita. Namun, pada umumnya stereotifikasi yang dilakukan terhadap gender lebih sering merugikan pihak wanita. Dan hal ini sangat mengusik isu gender yang gencar disuarakan umumnya oleh wanita-wanita yang menuntut mengenai kesetaraan. Karena wanita lebih sering dicitrakan dalam sosok tradisional, lebih lemah dibanding pria, hanya sebagai objek dan komoditas, serta cenderung dieksploitasi atas potensi fisiknya saja, dan sebaliknya, laki-laki digambarkan sebagai sosok yang lebih kuat, rasional, dominan, pandai, dan berkuasa, telah banyak menjadi ide dan citra berbagai iklan. Tidak saja dalam iklan cetak, tetapi juga iklan televisi. Semua ini tidak lepas dari berkuasanya ideologi kapitalisme dan budaya patriarki. Tubuh wanita telah dieksploitasi sedemikian rupa sebagai sebuah komoditas yang justru dapat merugikan kaum wanita akibat dari penyesatan persepsi terhadapnya. Namun ternyata dari sosok wanita tidak hanya bagian tubuhnya saja yang dapat dieksploitasi sebagai daya tarik dalam iklan. Bahkan sisi emosional yang terkait dengan karakter psikologis dari wanita tersebut juga dapat dieksploitasi menjadi sebuah daya tarik pesan iklan. Contohnya dapat dilihat dalam kedua iklan Joy Green Tea dan Tim Tam Crush. Dimana ekspresi-ekspresi emosional wanita yang dipicu oleh sosok pria digambarkan dengan cara yang sangat berlebihan. Semua penggambaran sisi emosional wanita dalam iklan-iklan tersebut merupakan tanda-tanda yang dapat dikaitkan dengan berbagai makna dan ideologi dibaliknya menyangkut dengan isu gender. Melalui analisis dengan menggunakan teori dua tatanan pertandaan dari Roland Barthes peneliti melihat mitos mengenai produk makanan dan minuman yang menjadi penolong dalam situasi-situasi emosional para wanita, mitos ini membawa ideologi kapitalisme. Sedangkan mitos lain yang dapat ditemukan adalah mitos mengenai wanita dengan sisi emosional yang mudah terprovokasi oleh sosok pria dan juga dengan sisi yang memperlihatkan ketangguhan dalam menghadapi permasalahan yang juga berkaitan dengan pria, yang membawa ideologi posfeminis.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/MCA. 09 011
Call Number: SK/09/459
NIM/NIDN Creators: 44305010020
Uncontrolled Keywords: iklan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 10 Nov 2009 15:33
Last Modified: 31 May 2017 02:10
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25982

Actions (login required)

View Item View Item