Strategi komunikasi pemasaran produk bitadur dlm menciptakan brand awaresness

Nainggolan, Helvi (2009) Strategi komunikasi pemasaran produk bitadur dlm menciptakan brand awaresness. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Helvi Nainggolan, Nim 0430312-022, Judul Skripsi : STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK BITADUR DALAM MENCIPTAKAN BRAND AWARENESS. xi + 105, 57 buku PT. Bital Asia merupakan perusahaan yang bergerak dibidang industri yang menyediakan produk cat, Wateproofing dan produk bahan bangunan lainnya. Bitadur sebagai cat pelapis anti bocor yang dikeluarkan PT.Bital Asia menjadi fokus dalam pemasaran PT.Bital Asia. Saat ini permasalahan yang dihadapi yaitu menciptakan brand awarrenes Bitadur terhadap konsumen agar Bitadur mampu sejajar dengan produk pelapis anti bocor lainya yang telah menjadi market leader. Permasalahan tersebut diduga tidak efektifnya strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Bitadur. Tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran produk Bitadur yang dilakukan PT.BITAL ASIA dalam menciptakan brand awareness selama periode September 2007 - Februari 2008. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik kepustakaan, observasi dan wawancara mendalam. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian, menunjukan selama periode September 2007 - Februari 2008 Bitadur telah melakukan strategi komunikasi pemasaran melalui strategi kampanye dan pemilihan media yaitu dengan memperkenalkan tagline “bikin enak tidur”, menyelenggarakan Pelatihan Kerja (workshop), talkshow di radio swasta, beriklan di stasiun Televisi dan Radio Komersial, melakukan sampling produk, membuat merchandise, melakukan potongan harga di pasar modern serta beriklan melalui berbagai media baik media luar ruang maupun media di dalam ruang. Dari strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Bitadur selama periode September 2007 - Februari 2008, berpengaruh terhadap kesadaran akan merek konsumen terhadap Bitadur yang diketahui dari hasil riset dan survey melaui lembaga survey independen menunjukan nilai yang berarti. Hambatan yang dialami oleh Bitadur dalam melaksanakan strategi komunikasi pemasaran yaitu terbatasnya dana komunikasi pemasaran, sehingga membatasi ruang gerak komunikasi pemasaran untuk lebih leluasa mencapai kesadaran merek konsumen. Saran-saran yang dapat peneliti kemukakan yaitu perusahaan lebih memperhatikan budget untuk komunikasi pemasaran Bitadur agar strategi yang dilakukan lebih terarah dan mengena. Perusahaan sebaiknya mencari celah lain dalam mempromosikan Bitadur yang selama ini belum tersentuh kompetitor seperti strategi brainwashing terhadap mahasiswa dengan menyelenggarakan kegiatan yang bermanfaat bagi mahasiswa dan mensponsori kegiatan tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/MCA. 09 034
Call Number: SK/09/454
NIM/NIDN Creators: 0430312-022
Uncontrolled Keywords: komunikasi pemasaran
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 10 Nov 2009 14:52
Last Modified: 05 Jun 2017 06:47
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25977

Actions (login required)

View Item View Item