Nugroho, Abdi (2009) Hubungan film nagabonar jadi dua dgn sikap nasionalisme mhs fikom umb angkatan 2006-2008. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Download (47kB) |
|
Text (Cover)
Cover.pdf Download (234kB) |
|
Text (Bab 1)
Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (227kB) |
|
Text (Bab 2)
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (Bab 3)
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (374kB) |
|
Text (Bab 4)
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (799kB) |
|
Text (Bab 5)
Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (125kB) |
|
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (641kB) |
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (0B) |
Abstract
ABSTRAKSI ABDI NUGROHO Judul: Hubungan Film “Nagabonar jadi Dua” dengan Sikap Nasionalisme Mahasiswa FIKOM Universitas Mercu Buana angkatan 2006-2008 Hal : 105 Halaman Bibliografi : 17 Buku (1974-2006) / 4 Web Site Film merupakan media komunal dan cangkokan dari berbagai teknologi dan unsur-unsur kesenian. Perkembangan dan kemajuan Industri perfilman diIndonesia tidak dapat dipungkiri sebagai akibat dari kesuksesan penyampaian suatu pesan dalam setiap film yang ditawarkan kepada para penonton selaku komunikan. Pada tahun 2007 Film "Nagabonar Jadi Dua" diproduksi oleh PT Demi Gisela Citra dan PT Bumi Prasidi Bi-Epsi. Film ini begitu khas yang menggambarkan keterlibatan rakyat kecil dalam suatu pencapaian kemerdekaan Indonesia, namun sebenarnya tak pernah benar-benar tuntas merdeka, film ini begitu kental dengan nilai-nilai nasionalisme. Film merupakan salah satu media penyampaian pesan. Pesan yang disampaikan melalui media massa (film) adalah terbuka untuk semua orang, besifat heterogen, menimbulkan keserempakan penting untuk keseragaman dalam seleksi dan intrepetasi pesan-pesan, komunikasi dengan menggunakan media massa berlaku dalam satu arah (One Way Communication). Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teori yang diungkapkan oleh Harold D. Laswell: Who, Says what, In which channel, To whom, and With what effect. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan tipe penelitian Deskriptif Korelasional, dengan metode penelitian yaitu Metode Survei. Populasi penelitian ini adalah Mahasiswa FIKOM UMB angkatan 2006-2008 yang berjumlah 1120 mahasiswa dan dengan jumlah sample sebesar 112 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan tehnik analisa penelitian Spearman Rank. Berdasarkan hasil pengujian statistik terhadap hipotesis dengan menggunakan rumus uji statistik, Hubungan film “Nagabonar Jadi Dua” dengan sikap nasionalisme mahasiswa FIKOM UMB angkatan 2006-2008 dengan korelasi Spearman Rank (rs) menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,966 yang menunjukkan hubungan yang sangat kuat. Hal ini dikemukakan berdasarkan atas beberapa tabel yang menunjukkan nilai positif pada indikator yang berkaitan langsung dengan sikap remaja terhadap film yang mereka tonton dengan sikap nasionalisme
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/BRD. 09 068 |
Call Number: | SK/09/440 |
NIM/NIDN Creators: | 4410401-018 |
Uncontrolled Keywords: | film - sikap |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 09 Nov 2009 15:44 |
Last Modified: | 31 May 2017 02:10 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25963 |
Actions (login required)
View Item |