Peran public relations dlm komunikasi internal di PT Mulia Industrindo Tbk Cikarang

Susanti, Natalia (2009) Peran public relations dlm komunikasi internal di PT Mulia Industrindo Tbk Cikarang. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAK Nama : Natalia Susanti Judul : Peran Public Relations dalam Komunikasi Internal di PT Mulia Industrindo, Tbk. x + 91 halaman + 5 lampiran, Bilbilografi 40 acuan (1976 – 2006) Saat ini peran Public Relations dalam setiap organisasi penting keberadaannya. Dalam setiap kegiatan yang dilakukan oleh suatu organisasi baik profit maupun non profit memerlukan adanya peran Public Relations, yang bermanfaat dalam membantu majunya perusahaan. Peran Public Relations dalam setiap tugasnya seringkali berhubungan dengan publik internal. Oleh karena itu dibutuhkan peran Public Relations yang dapat melaksanakan tugasnya secara optimal, sehingga apa yang diinginkan perusahaan dapat tercapai sesuai dengan tujuannya. Peran Public Relations sangat dibutuhkan oleh setiap perusahaan besar seperti PT Mulia Industrindo, Tbk. karena PT Mulia Industrindo, Tbk. merupakan perusahaan yang sangat komplek dengan permasalahan khususnya dalam komunikasi internal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peran Public Relations PT Mulia Industrindo, Tbk. dalam komunikasi internal dalam rangka menjadi fasilitator antara top management dengan para karyawan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat mengetahui lebih dalam peran dan kedudukan humas. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini adalah peran, Public Relations, fungsi humas, humas internal, struktur organisasi PT Mulia Industrindo, Tbk., serta struktur organisasi General Affairs PT Mulia Industrindo, Tbk. sebagai pihak yang menjalankan peran Public Relations di perusahaan tersebut. Tipe penelitian ini adalah deskriptif, yaitu suatu uraian tanpa pengujian hipotesa yang mengumpulkan informasi secara rinci dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Peran yang lebih besar dilakukan oleh General Affairs dalam melaksanakan peran Public Relations yaitu menjadi pihak yang memenuhi komunikasi internal. Dalam peran tersebut, General Affairs lebih berperan sebagai fasilitator komunikasi dibandingkan fasilitator pemecah masalah, karena Public Relations hanya berhak memberikan masukan-masukan saja, semua keputusan tetap diambil oleh manajemen. Sedangkan sebagai fasilitator, Public Relations berhak untuk melakukan apapun dalam mendistribusikan informasi terbaru sesuai dengan prosedur yang ada, dan dalam menjalankan tugas serta perannya Public Relations selalu berkoordinasi dengan pimpinan dan departemen terkait.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 09 011
Call Number: SK/09/431
NIM/NIDN Creators: 44205120017
Uncontrolled Keywords: komunikasi internal
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 09 Nov 2009 15:13
Last Modified: 31 May 2017 02:10
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25954

Actions (login required)

View Item View Item