Gaya komunikasi distributor amway dlm mempersuasi aspek psikologis calon konsumen (Studi kasus pd kelompok distributor amway taman hoesein)

Poniman, Khatimah (2009) Gaya komunikasi distributor amway dlm mempersuasi aspek psikologis calon konsumen (Studi kasus pd kelompok distributor amway taman hoesein). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAK Multi Level Marketing semakin marak berkembang dari waktu ke waktu. Amway, sebuah perusahaan pelopor sistem network marketing telah beroperasi di dunia selama 50 tahun dan memiliki jaringan di lebih dari 80 negara. Di Indonesia, tahun 2008 tercatat lebih dari 330.000 distributor aktif yang masih akan terus berkembang jumlahnya, sebab para distributor Amway berupaya terus menerus merekrut distributor baru melalui gaya komunikasi yang khas dan berciri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana gaya komunikasi distributor Amway dalam mempersuasi aspek psikologis calon konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya komunikasi distributor Amway dalam mempersuasi calon konsumen, dan bagaimana gaya komunikasi tersebut mempengaruhi aspek psikologis calon konsumen meliputi aspek kognitif, afektif, dan behavior. Sifat penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara yang mendalam terhadap key informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya komunikasi yang dilakukan distributor Amway termasuk gaya dynamic style dengan pendekatan controlling style, dimana terlihat ciri-ciri gaya dinamik yaitu komunikasi yang dilakukan secara aktif dan agresif. Pendekatan komunikasi terlihat memiliki ciri controlling style, yaitu adanya kehendak atau maksud untuk mengatur dan membatasi perilaku calon konsumen sebagai komunikan, membujuk calon konsumen dengan menunjukkan berbagai imbalan dan keuntungan yang akan diperoleh bila bergabung menjadi distributor Amway. Persuasi yang dilakukan distributor Amway mampu mempengaruhi aspek psikologis calon konsumen. Aspek kognitif calon konsumen disentuh dengan memberikan pemahaman dan pengetahuan yang komprehensif mengenai produk dan sistem kerja network marketing. Sedangkan aspek afektif disentuh melalui motivasi secara kontinu. Konsep duplikasi yang senantiasa diberikan distributor Amway kepada calon konsumen sesuai dengan pembelajaran vicarious yang termasuk aspek behavior perilaku konsumen. Pembelajaran vicarious mengacu pada seseorang yang mengubah perilakunya karena mereka mengamati perilaku orang lain, serta konsekuensi yang diterima. Seseorang akan cenderung meniru perilaku orang lain, jika perilaku yang ditiru tersebut membawa dampak positif, namun sebaliknya jika perilaku yang ditiru tersebut membawa dampak negatif, maka tidak akan ditiru. Pengetahuan dan pemahaman produk dan sistem, motivasi, serta duplikasi yang dilakukan distributor Amway melalui gaya komunikasinya mempengaruhi proses pengambilan keputusan calon konsumen untuk bergabung menjadi distributor Amway.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 09 030
Call Number: SK/09/425
NIM/NIDN Creators: 4420412-069
Uncontrolled Keywords: Gaya komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 06 Nov 2009 15:47
Last Modified: 31 May 2017 02:10
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25948

Actions (login required)

View Item View Item