Prasetyo, Bimo Harry (2009) Aktivitas promosi surat kabar bisnis indonesia utk meningkatkan pembaca (periode tahun 2008). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (0B) |
Abstract
ABSTRAK Pentingnya promosi pada surat kabar, merupakan masukan utama dalam menjalankan aktifitas sebagai media massa yang professional dan mencari keuntungan, akan tetapi persaingan antar media massa semakin ketat dikarenakan jumlahnya yang semakin bertambah, sehingga berpengaruh dalam meningkatkan serta mempertahankan masing – masing pembacanya, maka media massa harus mempunyai kegiatan promosi yang kreatif dan unik dalam mengkomunikasikan kepada khalayak pembacanya. Penulis memilih Surat Kabar Bisnis Indonesia sebagai objek penelitian karena Surat Kabar Bisnis Indonesia merupakan satu - satunya Surat Kabar di Indonesia yang memilik segmen khusus dan sampai pada saat ini masih tetap bertahan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana aktivitas promosi yang dilakukan surat kabar Bisnis Indonesia dalam meningkatkan para pembacanya di tahun 2008, tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana proses aktivitas promosi surat kabar Bisnis Indonesia pada periode tahun 2008 itu berlangsung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengacu pada teori Philip Kotler, dimana pelaksanaan promosi dimulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian. Dalam kegiatan promosi menggunakan alat – alat pendukung seperti periklanan, penjualan tatap muka, promosi penjualan, hubungan masyarakat, serta pemasaran langsung. Sifat penelitian ini menggunakan penelitian dekriptif kualitatif, metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus, teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam pada nara sumber yang terkait yang dilakukan pada bulan November 2008 dikantor harian Bisnis Indonesia. Hasil penelitian yang didapat menunjukkan bahwa kegiatan promosi yang dilakukan Surat Kabar Bisnis Indonesia yaitu melakukan pendekatan - pendekatan kepada khalayak dengan mencoba merangsang terjadinya tindakan pembelian suatu produk yang cepat dalam jangka waktu yang singkat atau dapat dikatakan bahwa kegiatan promosi yang digunakan oleh Bisnis Indonesia dalam menarik para pembacanya adalah melalui sales promo atau promosi penjualan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/MCA. 09 015 |
Call Number: | SK/09/421 |
NIM/NIDN Creators: | 04302-054 |
Uncontrolled Keywords: | promosi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 06 Nov 2009 15:14 |
Last Modified: | 05 Jun 2017 07:24 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25944 |
Actions (login required)
View Item |