Strategi penentuan spot (titik) billboard iklan layanan masyarakat tentang spektrum frekuensi radio depkominfo di provinsi Banten tahun 2007 - 200

Ramdani, Awal (2009) Strategi penentuan spot (titik) billboard iklan layanan masyarakat tentang spektrum frekuensi radio depkominfo di provinsi Banten tahun 2007 - 200. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Awal Ramdani (04302-074) Strategi Penentuan Spot (Titik) Billboard Iklan Layanan Masyarakat Tentang Spektrum Frekwensi Radio Depkominfo Di Provinsi Banten Tahun 2007 - 2008 xv + 74 halaman ; 4 lampiran Bibliografi : 23 Acuan (1984 - 2008) Media luar ruang Billboard adalah suatu industri besar yang melibatkan banyak unsur seperti bina usaha, perizinan, teknis pemasangan, pemilihan lokasi yang tepat, perawatan atau pengawasan dan unsur-unsur lainnya yang menunjang media luar ruang tersebut. Dari segi teknis unsur-unsur tersebut akan melibatkan ahli-ahli konstruksi, pertamanan, elektronika, komputer, desainer dan sebagainya. Selain itu diperlukan pula strategi baik dalam pembuatan maupun pemasangannya. Dalam strategi beriklan, pemilihan lokasi atau penentuan titik iklan Billboard merupakan faktor yang penting karena hal tersebut akan menentukan seberapa efektifnya jangkauan iklan yang ditampilkan. Seperti yang dilakukan Departemen Komunikasi dan Informasi (Depkominfo) pada Billboard iklan layanan masyarakat mengenai penggunaan spektrum frekwensi radio, Depkominfo perlu menerapkan strategi yang jitu untuk menentukan titik iklan (spot) yang tepat dan efisien terhadap masyarakat luas. Perumusan permasalahan adalah bagaimana strategi penentuan titik (Spot) Billboard Iklan Layanan Masyarakat mengenai Spektrum Frekwensi Radio yang dikeluarkan oleh Depkominfo di provinsi Banten Tahun 2007-2008 ? Sedangkan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi penentuan titik (Spot) Billboard Iklan Layanan Masyarakat mengenai Spektrum Frekwensi Radio Depkominfo di provinsi Banten Tahun 2007-2008. Konsep yang digunakan mengacu pada konsep yang dikeluarkan oleh Terence A Shimp yang menjelaskan strategi media yang mencakup empat kegiatan yaitu Pemilihan Audiens Sasaran, Spesifikasi Tujuan Media, Pemilihan Media Periklanan dan pembelian media. Metode penelitian yang digunakan menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memperoleh data atau informasi dengan melakukan wawancara mendalam dengan beberapa nara sumber, yaitu Kepala Dirjen Pos dan Telekomunikasi Depkominfo serta Media Planer PT Cemerlang Gemilang. Dari hasil penelitian dapat diketahui Depkominfo yang dalam hal ini adalah Balai Monitor Spektrum Frekwensi Radio Depkominfo Kelas II Banten telah melakukan strategi penempatan titik Billboard iklan sesuai dengan analisa situasi sesuai strategi perencanaan yang didesain untuk mencapai tujuan tertentu dan pengembangan proses kegiatan kampanye iklan berdasarkan atas fakta-fakta yang ada, hingga karakteristik khalayak yang dituju dapat mempengaruhi khalayak dalam pesan iklan yang disampaikan.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/MCA. 09 003
Call Number: SK/09/419
NIM/NIDN Creators: 04302-074
Uncontrolled Keywords: billboard iklan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 06 Nov 2009 15:08
Last Modified: 05 Jun 2017 07:24
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25942

Actions (login required)

View Item View Item