Pengembangan integrated marketing communication program pd umb dlm meningkatkan jumlah mahasiswa baru 2009

Kimbar, Asmuni (2009) Pengembangan integrated marketing communication program pd umb dlm meningkatkan jumlah mahasiswa baru 2009. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAK Asmuni Kimbar (4430401-069) Pengembangan Integrated Marketing Communications Program pada Universitas Mercu Buana dalam Meningkatkan Jumlah Mahasiswa Baru Tahun 2009 xii + 120 hal; 2 gambar; 7 lampiran Bibliografi: 27 acuan (1985 – 2008) Kata Kunci: Integrated Marketing Communications Dengan 2.874 Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia telah melahitkan kondisi persaingan sektor jasa pendidikan tinggi swasta yang sangat ketat. Kondisi menjadi semakin sulit karena pasar semakin terfragmentasi dan kemajuan teknologi telah melahirkan media baru. Maka, penguasaan dan pola komunikasi yang efektif dan efisien memiliki peranan yang signifikan dalam memperbutkan merek di pasar. Sebagai lembaga pendidikan tinggi swasta, Universitas Mercu Buana telah menerapkan Integrated Marketing Communications Program dalam penggunaan media dalam berkomunikasi dengan target sasaran. Maka yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengembangan integrated marketing communicatons program yang diterap-kan oleh Universitas Mercu Buana dalam meningkatkan jumlah mahasiswa baru tahun 2009?. Penelitian ini mengacu pada konsep dan definisi integrated marketing communications yang diajukan oleh Don E. Schultz dan Heidy Schultz, yang disebut sebagai “the next generations of IMC”. Dengan fokus penelitian pada empat fase pengembangan IMC Program yaitu: tactical cordination of marketing communications, redefining the scope of marketing communications, aplications of information technology, dan financial and strategic integration. Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah metodestudi kasus dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, dan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi kepustakaan. Peneliti ini menyajikan gambaran dan uraian mengenai pengembangan IMC Program berdasarkan apa yang didapatkan dari objek penelitian. Hasil penelitian ini membahas mengenai IMC Program pada Universitas Mercu Buana dalam meningkatkan jumlah mahasiswa baru tahun 2009. Kualitas; unggul, bermutu, dan bermanfaat merupakan proposisi nilai yang menjiwai seluruh proses pada Universitas Mercu Buana. Kemudian untuk IMC Programnya sedang berada pada pengembangan tahap tiga; aplications of information technology. Selain itu, pola komunikasi dengan target sasaran dan pelanggan sudah bersifat outside-in dan resposif terhadap perubahan kondisi yang terjadi pada pelanggan. Namun demikian analisis terhadap kelemahan dan peluang yang dimiliki belum tajam, padahal analisa tersebut dapat semakin meningkatkan keunggulan bersaing dalam merebut peluang ditengah situasi pasar yang semakin dinamis dan kompetitif.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/MCA. 09 007
Call Number: SK/09/418
NIM/NIDN Creators: 4430401-069
Uncontrolled Keywords: integrated marketing communication
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 06 Nov 2009 14:54
Last Modified: 31 May 2017 02:10
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25941

Actions (login required)

View Item View Item