Motivasi anak2 menonton program acara laptop si unyil di trans7

Oktavia, Heni (2009) Motivasi anak2 menonton program acara laptop si unyil di trans7. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Media televisi telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari peradaban kehidupan manusia, hampir dalam keseharian kita selalu berhubungan dengan media komunikasi massa yang paling berpengaruh ini.ketika kita menginginkan informasi kita dapat menonton siaran berita ditelevisi, saat kita ingin memperoleh hiburan maka televisi selalu dapat menyajikan tayangan-tayangan hiburan yang menarik, dan dengan menonton televisi maka akan banyak hal-hal baru yang dapat diketahui oleh manusia. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi anak-anak menonton program acara Laptop si unyil di Trans7. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini, adalah menggunakan tipologi motivasi Denis McQuail. yang terdiri dari 4 dimensi yaitu, 1.informasi, 2.identitas pribadi, 3.integritas dan interaksi sosial, 4. Hiburan. Sifat penelitian ini deskriptif kuantitatif dengan pendekatan, menggunakan metode survey,yang mengambil sampel secara purposive, dari siswa-siswi kelas 4 dan 5 SDN kreo 5 Larangan Tangerang, yang menonton program acara Laptop Si Unyil di Trans7 sebanyak 172. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa motivasi responden dalam menonton Laptop si unyil yang berkaitan dengan informasi, yang paling menonjol dengan mean score 2,6 adalah karena “ingin bertambah pintar dan bertambah juga pengetahuan yang dimiliki”. Motivasi yang berkaitan dengan identitas pribadi, yang paling menonjol dengan mean score 2,8 adalah karena “ingin meniru perilaku unyil yang lucu, pandai, dan menarik”. Motivasi yang berkaitan dengan integrasi dan interaksi sosial, yang paling menonjol dengan mean score 2,8 adalah karena “ingin tidak ketinggalan informasi dan lebih perduli dengan lingkungan sekitar”. Motivasi Yang berkaitan dengan hiburan, yang paling menonjol dengan mean score 2,8 adalah karena “ingin merasa terhibur oleh aksi si unyil”. Jika dilihat dari perhitungan mean score disetiap dimensi, maka motivasi menonton yang paling menonjol adalah motivasi yang berkaitan dengan integrasi dan interaksi sosial sebesar 2,76.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 09 076
Call Number: SK/09/411
NIM/NIDN Creators: 44105010131
Uncontrolled Keywords: Motivasi menonton program
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 05 Nov 2009 16:05
Last Modified: 31 May 2017 02:10
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25934

Actions (login required)

View Item View Item