Efek kognitif dan afektif tayangan reportase investigasi di trans tv thd masyarakat kelurahan kapuk jak-bar

Fahyanty, Resti (2009) Efek kognitif dan afektif tayangan reportase investigasi di trans tv thd masyarakat kelurahan kapuk jak-bar. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Televisi merupakan salah satu media massa yang berfungsi memberikan informasi kepada masyarakat. Televisi menciptakan suasana tertentu dalam penyampaian isi pesan seolah-olah langsung dari komunikator kepada komunikan. Hiburan atau informasi yang disampaikan televisi akan lebih mudah dimengerti karena jelas terdengar secara audio dan terlihat secara visual. Jenis berita muktahir yang belakangan juga muncul di program televisi nasional adalah investigasi reporting atau reportase investigasi. Investigation repoting atau laporan penyelidikan adalah berita yang mengutamakan eksklusifitas. Gambar dan informasi yang diperoleh memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah sejauhmana efek tayangan Reportase Investigasi di Trans Tv terhadap masyarakat kelurahan Kapuk Jakarta Barat. Tujuannya yaitu ingin mengetahui efek kognitif dab afektif yang didapat setelah menyaksikan tayangan Reportase Investigasi. Efek kognitif terjadi bila ada perubahan pada apa yang diketahui, dipahami dan dipersepsikan khalayak. Dan efek afektif muncul bila ada perubahan pada yang dirasakan, disenangi, ditakuti dan dibenci. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan metode survai. Teknik sampling yang digunakan peneliti adalah purposive sampling yaitu peneliti akan memilih orang-orang tertentu berdasarkan penilaian tertentu. Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa efek yang didapat setelah menonton tayangan Reportase Investigasi di Trans TV dapat menambah pengetahuan khalayak. Hasil penelitian survai dilapangan diketahui bahwa efek kognitif masyarakat terhadap tayangan Reportase Investigasi sebesar 98.97% menunjukan efek yang tinggi dan efek afektif masyarakat terhadap tayangan Reportase Investigasi sebesar 96.91% menunjukan nilai yang positif dan secara keseluruhan tayangan Reportase investigasi dari 97 responden mendapat nilai 98.97% dapat diperoleh keterangan bahwa seluruh responden memberikan efek yang tinggi atau positif terhadap tayangan Reportase Investigasi.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 09 079
Call Number: SK/09/410
NIM/NIDN Creators: 44105010136
Uncontrolled Keywords: kognitif dan afektif
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 05 Nov 2009 16:02
Last Modified: 31 May 2017 02:10
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25933

Actions (login required)

View Item View Item