Motivasi khalayak dlm memilih bintang masa depan melalui sms pd acara KDI di TPI

Nurnindianti, Rahmah Tri (2009) Motivasi khalayak dlm memilih bintang masa depan melalui sms pd acara KDI di TPI. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Semakin menjamurnya stasiun televisi swasta dan lokal di Indonesia, berimplikasi pada semakin meningkatnya persaingan yang lebih menjurus kepada persaingan merebut perhatian khalayak. Saat ini khalayak tidaklah selalu pasif menunggu media untuk memperoleh pengaruh yang sama, tapi khalayak dipandang aktif, memiliki kebutuhan-kebutuhan tertentu, dan memenuhi kebutuhannya. Oleh karena itu dalam sebuah program televisi motivasi dari khalayak sangat diperlukan dan salah satunya dapat melalui SMS. Berdasarkan latar belakang di atas, dapat dirumuskan dalam penelitian yaitu, sejauh mana motivasi penonton dewasa warga RW 02 Pondok Benda Pamulang Tangerang Selatan dalam memilih bintang masa depan melalui SMS pada acara KDI di TPI. Dan tujuan dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi salah satu masukan yang berarti bagi perkembangan ilmu komunikasi khususnya kajian tentang motivasi. Pada tinjauan pustaka, penulis membahas mengenai komunikasi massa, televisi sebagai media massa, program televisi, reality show, motivasi dengan beberapa tahap yaitu informasi, identitas pribadi, integrasi dan interaksi sosial, serta hiburan. Lalu teori uses and gratification dan pengertian khalayak. Tipe penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey yang menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Teknik penarikan sample yang digunakan adalah sample random sampling dengan jumlah sample 93 orang. Teknik pengumpulan data primer survey dan sekundernya melalui daftar pustaka. Dari hasil simpulan penelitian berdasarkan dimensi-dimensinya yaitu, untuk dimensi informasi memperoleh motivasi yang tinggi, begitu pula dengan dimensi identitas pribadi dan hiburan memperoleh motivasi yang tinggi, namun untuk dimensi integrasi dan interaksi sosial memperoleh motivasi yang rendah. Penelitian ini dapat diperoleh simpulan bahwa, masyarakat RW 02 Pondok Benda Pamulang Tangerang Selatan memiliki motivasi yang tinggi terhadap tayangan KDI di TPI. Tinggi disini artinya adalah bahwa tayangan tersebut di sukai oleh responden dan dapat memacu responden untuk mengirimkan SMS pada acara tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 09 110
Call Number: SK/09/409
NIM/NIDN Creators: 44105010074
Uncontrolled Keywords: Motivasi khalayak
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 05 Nov 2009 15:54
Last Modified: 31 May 2017 02:10
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25932

Actions (login required)

View Item View Item