Dampak terpaan iklan berbagi sehat sabun lifebouy thd perilaku anak dlm mencuci tangan

Andini, Indri Puspita (2009) Dampak terpaan iklan berbagi sehat sabun lifebouy thd perilaku anak dlm mencuci tangan. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI INDRI PUSPITA ANDINI (04303-088) Dampak Terpaan Iklan Televisi “ Berbagi Sehat “ Sabun Lifebouy Terhadap Perilaku Anak dalam Mencuci Tangan (xv + 70 halaman : 32 tabel) Bibliografi = 25 acuan (1985 – 2004) Perkembangan iklan dewasa ini sangat dipengaruhi oleh berkembangnya periklanan melalui bidang komunikasi dan untuk Indonesia perkembangan tersebut lebih nampak setelah system baku dalam system komunikasi. Dimana persaingan menjadi syarat utama pada seluruh produk sabun mandi. Kemajuan pesat pada dunia komunikasi terlebih pada media komunikasinya sangat berpengaruh besar dibidang informasinya, dimana suatu informasi dilihat dan didengar langsung pada saat yang bersamaan oleh khalayak dan cakupan informasi tersebut sangat luas dan beragam yang dapat menjangkau ke seluruh penjuru Indonesia. Untuk menggambarkan sebuah pengaruh media komunikasi terhadap khalayak, dapat diterapkan melalui Model Stimulus-respon ( S – O – R ) adalah model komunikasi yang dasar dimodifikasi oleh De fleur . Untuk menunjang keberhasialan suatu kampanye periklanan, harus diperhatikan terlebih dahulu dampak atau efek apa saja yang diharapkan dapat timbul dari kegiatan kampanye tersebut, Adapun formula tersebut dikenal dengan nama formula AIDA, yaitu: Attention, Interes, Desire, dan Action.oleh Frank Jefkins, Sedangkan menurut Elvinaro Ardianto dalam bukunya komunikasi massa efek pesan pada media massa terbagi atas tiga hal, yaitu efek kognitif, afektif, dan konatif (behavioral). Sifat penelitian yang digunakan adalah Deskriptif dimana peneliti bertujuan untuk menggumpulkan lebih banyak informasi tentang suatu permasalahan, Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode survey memiliki sifat kuantitatif, Metode ini bertujuan untuk menggambil sample dari suatu populasi dengan menggunakan Kuisioner sebagai alat pengumpulan data. Populasi dalam penelitian ini adalah Study Deskriptif Terhadap anak-anak Usia 11-12 thn di lingkungan Jln. H. Juhri Meruya Selatan Peneliti mengambil sampel penelitian sebanyak 30% dari jumlah populasi, dengan pertimbangan pengambilan sampel 30% karena jumlah subjek kurang dari 5000 responden, sehingga pengambilan sampel 30% di anggap cukup mewakili. Data yang diperoleh dari hasil penelitian, maka dampak terpaan iklan ”Berbagi Sehat” Sabun Lifebouy versi mencuci tangan di televisi mempunyai pengaruh terhadap perilaku anak-anak usia 11-12 tahun dalam mencuci tangan sangat tinggi. Diuji hipotesis dengan menggunakan analisis pearson product moment dan perhitungan menggunakan bantuan SPSS, maka nilai koefisien korelasi yang di dapat adalah sebesar 13 - 16 yang dapat diartikan bahwa pengaruh antara variabel dampak terpaan iklan ”Berbagi Sehat” Sabun Lifebouy terhadap perilaku anak-anak usia 11-12 tahun dalam mencuci tangan berada pada tingkat yang tinggi. Koefisien korelasi tersebut bersifat positif, maka dapat ditentukan arah terpaannya adalah positif. Hal ini dapat diartikan bahwa semakin tinggi dampak terpaan iklan ”Berbagi Sehat” Sabun Lifebouy terhadap perilaku anak usia 11-12 tahun dalam mencuci tangan.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/MCA. 09 063
Call Number: SK/09/406
NIM/NIDN Creators: 04303-088
Uncontrolled Keywords: iklan - perilaku
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 05 Nov 2009 15:40
Last Modified: 05 Jun 2017 05:14
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25929

Actions (login required)

View Item View Item