Persepsi mahasiswa umb thd iklan a mild versi sebelah mata yg ditayangkan melalui media televisi

Yulianti, (2009) Persepsi mahasiswa umb thd iklan a mild versi sebelah mata yg ditayangkan melalui media televisi. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAK Yulianti (04302-050) Persepsi Mahasiswa Mercu Buana Terhadap Iklan A Mild Versi Sebelah Mata Yang Ditayangkan Melalui Media Televisi xi + 76 halaman ; 5 lampiran Bibliografi : 22 Acuan (1987-2004) + Internet Salah satu alternatif yang ditempuh untuk mempromosikan produk adalah membuat iklan yang menarik dengan menggunakan media beriklan yang semaksimal mungkin. Salah satunya adalah dengan menggunakan tampilan iklan yang menarik yang harus mewakili realitas verbal berupa sebuah pesan yang ingin disampaikan produsen kepada konsumen dimana pesan tersebut diharapkan dapat mempengaruhi persepsi khalayak. Oleh karena itu agar pesan produknya dikenal luas oleh khalayak, maka Sampoerna A Mild melakukan promosi produknya yakni iklan A Mild versi Sebelah Mata yang ditayangkan melalui televisi. Bagi khalayak pemirsa televisi, iklan A Mild versi Sebelah Mata tersebut diharapkan akan menambah pengetahuan, dan dari pengetahuan tersebut diharapkan dapat membentuk suatu pemahaman bagi para pemirsanya. Pemahaman terhadap iklan tersebut adalah soal persepsi. Ini artinya, ada proses komunikasi yang terus menerus sehingga menimbulkan persepsi tentang iklan tersebut. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi khalayak terhadap iklan A Mild versi Sebelah Mata yang ditayangkan melalui televisi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi khalayak terhadap iklan A Mild tersebut. Teori yang digunakan mengacu pada konsep persepsi yang dikemukakan oleh David A Aeker dan Jhon G Mayers, dalam persepsi tersebut terdapat dua hal utama dalam proses persepsi, yaitu : attention (perhatian) dan interpretation (pemahaman). Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan tipe penelitian deskriptif dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Tehnik penarikan sampel dalam penelitian ini adalah non-probability sampling dengan rancangan sampling purposif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner terhadap 70 responden, yang sebelumnya telah ditentukan berdasarkan populasi yang ada yakni mahasiswa reguler Marketing Communication Fakultas Ilmu Kamunikasi Universitas Mercu Buana yang masih aktif. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa pada umumnya khalayak memberikan persepsi yang sedang artinya tidak positif ataupun negatif. Hal tersebut dikarenakan sebagian besar dari jumlah responden yang diteliti menginterprestasikan elemen-elemen yang terdapat pada tampilan iklan A Mild versi Sebelah Mata tersebut dengan pilihan jawaban yang menengah pada tahap perhatian dan pemahaman dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/MCA. 09 052
Call Number: SK/09/405
NIM/NIDN Creators: 04302-050
Uncontrolled Keywords: iklan - media televisi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 05 Nov 2009 15:12
Last Modified: 05 Jun 2017 05:13
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25928

Actions (login required)

View Item View Item