Analisis komparatif penilaian persediaan dan earning per share pada perusahaan manufaktur yg menggunakan metode FIFO dan Average

Romdhoni, Riko Candra (2009) Analisis komparatif penilaian persediaan dan earning per share pada perusahaan manufaktur yg menggunakan metode FIFO dan Average. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara penilaian persediaan dan earning per share pada perusahaan manufaktur yang menggunakan metode FIFO dan Average. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian komparatif, yaitu membandingkan nilai persediaan dan earning per share antara perusahaan manufaktur yang menerapkan metode FIFO dan Average. Dalam penelitian ini ada dua variabel yang akan diteliti, yaitu persediaan dan earning per share pada perusahaan yang menggunakan metode FIFO dan Average. Data diperoleh dari penelitian kepustakaan, yaitu data laporan keuangan tahunan, buku, literature, jurnal-jurnal, mengenai teori dan hal lain yang berhubungan erat baik secara langsung maupun tidak langsung dengan penelitian yang dibahas. Metode analisis data yang digunakan yaitu uji Mann-Whitney yang bertujuan untuk menguji signifikansi hipotesis komparatif dua sampel yang berukuran tidak sama. Sampling Frame didasarkan pada perusahaan-perusahaan manufaktur yang termuat pada Pusat Referensi Pasar Modal (PRPM). Dari hasil penelitian yang dilakukan berdasarkan pengujian Mann- Whitney U menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara nilai Persediaan pada perusahaan yang menerapkan metode FIFO dan Average, sedangkan pada Earning per Share tidak terdapat nilai perbedaan antara perusahaan yang menerapkan metode FIFO dan Average. Kata kunci : Average, FIFO, Persediaan, Earning per Share.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FE/AK. 09 049
Call Number: SE/09/940
NIM/NIDN Creators: 43205010204
Uncontrolled Keywords: earning per share
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 29 Oct 2009 12:05
Last Modified: 31 May 2017 02:10
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25868

Actions (login required)

View Item View Item