Harjono, Riko (2009) Study Sistem Pemeliharaan Jalan Kereta Api ( Studi Kasus Koridor STA Duri - STA.Tangerang ). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
Text (SKRIPSI FULL)
41105110025 Riko Harjono.pdf Restricted to Registered users only Download (945kB) |
Abstract
Studi Sistem Pemeliharaan Jalan Kereta Api (Studi Kasus Koridor Sta. Duri – Sta. Tangerang), Nama : Riko Harjono, NIM : 41105110025, Pembimbing Utama : Ir. Alizar MT, Tahun : 2009 Kereta api telah menjadi salah satu moda transportasi darat yang aman, nyaman dan ekonomis. Dalam pengoperasiannya, hal tersebut tergantung kepada kesempurnaan kondisi sarana dan prasarananya. Jalan rel sebagai prasarana transportasi memerlukan sistem pemeliharaan yang baik demi kualitas kinerja kegiatan operasional. Tugas Akhir ini bertujuan mengidentifikasi parameter pemeliharaan jalan kereta api melalui Track Quality Index (TQI) yaitu : lestrengan, lebar sepur, angkatan dan pertinggian. Dapat diketahui bahwa jalan rel mengalami kerusakan diakibatkan oleh gaya-gaya dinamis, termis, hydrodinamis dan kimiawi pada rel. Selain itu dapat disimpulkan bahwa database dan ketersediaan sumber daya manusia sangat diperlukan untuk menunjang kelancaran kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan. Sebagai tahap awal pengembangan kedua sektor ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja pelaksanaan sistem pemeliharaan jalan kereta api. Dari pembahasan analisis indeks kualitas rel pada Jurusan Duri – Tangerang bahwa kondisi geometri jalan rel dalam kondisi baik sebesar 82 % dan kondisi sedang pada petak duri – grogol sebesar 18 % dari hasil kereta ukur bulan Pebruari 2009. Dari hasil analisis kebutuhan volume pemeliharaan tahunan jalan rel berdasarkan passing tonnage dan klasifikasi jalan kereta api pada Jurusan Duri – Tangerang diperoleh hasil bahwa : 1. Volume penggantian rel R.54 untuk tahun ini tidak ada penggantian. 2. Volume penggantian penambat kaku sejumlah 1126 bh/tahun 3. Volume penggantian penambat elastis sejumlah 1802 bh/tahun 4. Volume penggantian bantalan kayu sejumlah 606 bh/tahun 5. Volume penggantian bantalan beton sejumlah 181 bh/tahun 6. Volume penggantian plat sambung sebanyak 60 bh/tahun 7. Volume penggantian baut sambung sebanyak 540 bh/tahun 8. Volume penambahan balas sebanyak 1746 m3/tahun Kata kunci: Lestrengan, Lebar sepur, Angkatan, Pertinggian, Gaya – gaya dinamis, Passing tonnage
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FTSP/SIP. 09 056 |
Call Number: | STSP/09/155 |
NIM/NIDN Creators: | 41105110025 |
Uncontrolled Keywords: | Lestrengan, Lebar sepur, Angkatan, Pertinggian, Gaya - gaya dinamis |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 20 Jan 2010 12:10 |
Last Modified: | 02 Dec 2022 08:14 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25712 |
Actions (login required)
View Item |