Perbandingan perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Dengan Perkerasan Kaku ( Studi Kasus Proyek Perkerasan Jalan Di Jatake - Tangerang _

Firdaus, Fauzi (2009) Perbandingan perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Dengan Perkerasan Kaku ( Studi Kasus Proyek Perkerasan Jalan Di Jatake - Tangerang _. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (SKRIPSI FULL)
41107110009 Fauzi Firdaus.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Abstrak Judul : Perbandingan Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur dengan Perkerasan Kaku (Studi Kasus Proyek Perkerasan Jalan di Jatake – Tangerang), Nama : Fauzi Firdaus, Nim : 41107110009, Dosen Pembimbing : Ir. Alizar,MT. Penentuan lapisan perkerasan yang akan digunakan akan sangat berpengaruh pada anggaran biaya yang tersedia, waktu dan kelancaran pekerjaan. Kurang diperhitungkannya jenis perkerasan yang akan digunakan itu dapat berakibat seperti progress yang terhambat, biaya yang lebih, atau akibat fatal lain seperti berkurangnya umur jalan tersebut. Tujuan mengangkat Perbandingan Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur dengan Perkerasan Kaku (Studi Kasus Proyek Perkerasan Jalan di Jatake – Tangerang) sebagai judul adalah untuk mengetahui jenis tebal perkerasan mana yang lebih effisien dan efektif bila dilihat dari aspek ekonomi dan pelaksanaan pekerjaan. Cara membandingkan antara perkerasan lentur dengan perkerasan kaku adalah dengan perhitungan – perhitungan melalui data – data yang ada. Perkerasan Lentur elastis jika menerima beban, sehingga dapat memberikan kenyamanan bagi pengguna jalan. Pada umumnya menggunakan bahan pengikat aspal, seluruh lapisan ikut menanggung beban, penyebaran tegangan ke lapisan tanah dasar sedemikian sehingga tidak merusak lapisan tanah dasar (subgrade), usia rencana maksimum 20 tahun, selama usia rencana diperlukan pemeliharaan secara berkala (routine maintenance). Perkerasan Kaku adalah Perkerasan yang menggunakan semen Portland sebagai bahan pengikat sehingga mempunyai kekakuan (modulus elastisitas yang tinggi). Pelat beton dengan atau tanpa tulangan diletakkan diatas tanah dasar dengan atau tanpa lapis pondasi bawah, beban lalu lintas sebagian besar dipikul oleh pelat beton. Dengan kondisi Jalan di Jateka-Tangerang yang terjadi kerusakan serta terjadinya settlement / penurunan pada tanah tersebut, maka perencanaan tebal perkerasan jalan sangat diperlukan terutama dibagian pondasi bawah sehingga dapat menanggulangi permasalahan yang terjadi pada jalan tersebut. Kata Kunci : Perkerasan Lentur, Perkerasan Kaku, Metode Perencanaan.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FTSP/SIP. 09 049
Call Number: STSP/09/164
NIM/NIDN Creators: 41107110009
Uncontrolled Keywords: Perkerasan Lentur, Perkerasan Kaku, Metode Perencanaan.
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 20 Jan 2010 12:27
Last Modified: 02 Dec 2022 08:02
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25704

Actions (login required)

View Item View Item