Pengembangan Aplikasi Permainan Scrabble Dua Bahasa Menggunakan Java

Ristia, Meyka Fitri (2009) Pengembangan Aplikasi Permainan Scrabble Dua Bahasa Menggunakan Java. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (SKRIPSI FULL)
41505010088 Meyka Fitri Ristia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Aplikasi game merupakan salah satu jenis aplikasi yang sangat digemari oleh banyak pengguna komputer. Namun sangat disayangkan jarang ditemukan permainan bertaraf internasional banyak digemari oleh banyak Penduduk Indonesia khususnya masyarakat awam yang kurang menyukai permainan dalam bahasa asing. Selain itu, permainan itu juga bisa dijadikan media pembelajaran yang menyenangkan bagi semua usia, terhadap bahasa asing pada umumnya Bahasa Inggris terutama anak-anak jenjang SD sampai SMA atau sederajat. Oleh karena itulah penulis mengembangkan sebuah aplikasi game dengan menggunakan konsep permainan Scrabble. Dalam perancanganya penulis menggunakan metodologi rekayasa perangkat lunak waterfall, yaitu dengan pemodelan perancangan aplikasi pada diagram UML (Unified Modelling Language) diantaranya Use Case Diagram, Activity Diagram, Sequence Diagram, State Chart Diagram, dan Class Diagram. Pada tahap implementasi penulis menggunakan perangkat lunak Blue J untuk membangun antarmuka dengan menggunakan Java Development Kit (JDK) versi jdk1.6.0_02 sebagai perangkat pengeksekusi, serta menggunakan command prompt untuk pemanggilan hasil eksekusi. Sedangkan pengujian terhadap aplikasi game dilakukan dengan metode blackbox testing dan white box testing. Produk dari pengembangan tersebut adalah sebuah aplikasi game single player, yang menggunakan dua pilihan bahasa dalam permainannya yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, dan dinamakan “Scrabble Dua Bahasa”.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FIK/INFO. 10 091
Call Number: SIK/15/10/026
NIM/NIDN Creators: 41505010088
Uncontrolled Keywords: Aplikasi game, Scrabble, metodologi rekayasa perangkat lunak waterfall, UML (Unified Modelling Langu
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 21 Jan 2010 11:53
Last Modified: 09 Jan 2023 04:22
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25697

Actions (login required)

View Item View Item