Gumay, Eriesyah Amalia (2009) Strategi produksi program news magazine hallo kampus di cahaya televisi banten (Periode Mei 2008). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (0B) |
Abstract
ABSTRAKSI Televisi adalah media yang paling luas di konsumsi oleh masyarakat, karena unsur audio visualnya yang merupakan salah satu kelebihan dibanding dengan media elektronik lainnya. Hal ini, mendorong televisi lokal untuk ikut menghiasi layar kaca serta berlomba untuk membuat suatu program yang berkualitas. News magazine adalah suatu berita yang tidak harus aktual, namun isi dalam penyajian tersebut tetap mempunyai daya tarik tersendiri dengan penyampaian informasi lebih mendalam. Munculnya program tayangan Hallo Kampus di CTV Banten sebagai tayangan yang kreatif, edukatif dan informatif merupakan terobosan baru yang mengetengahkan segi pendidikan sebagai televisi lokal. Rumusan masalah yang ingin di teliti adalah bagaimana strategi produksi tayangan news magazine Hallo Kampus dilihat dari proses pra produksi, produksi hingga pasca produksi dalam mempertahankan tayangan yang menarik dan berkualitas. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu ingin mengetahui strategi produksi progam Hallo Kampus. Tinjauan pustaka yang dipakai adalah tentang strategi produksi yang mencakup perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pengarahan (actuating), dan pengawasan (controlling), pada tahap proses pra produksi yaitu persiapan sebelum pengambilan gambar yang meliputi rapat redaksi dan persiapan teknis. Kemudian dilanjutkan dengan tahapan produksi yaitu proses pengambilan gambar ( shooting ), hingga pasca produksi yaitu proses penyuntingan gambar (editing). Metode penelitian yang dilakukan adalah metode penelitian studi kasus dengan melakukan pendekatan kualitatif, yang bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penelitian dan membandingkan hasil pengamatan dengan observasi yang dilakukan oleh peneliti dan membandingkan hasil observasi dengan wawancara mendalam dengan beberapa nara sumber terkait dari tim Hallo Kampus CTV Banten. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi produksi tayangan Hallo Kampus televisi Banten terdapat 5 hal penting yaitu, materi produksi, sarana produksi, biaya produksi, organisasi pelaksana produksi, tahapan produksi yang mencakup pra produksi, produksi dan pasca produksi, yang juga terdapat unsur planning, organizing, actuating dan controlling. Meskipun dalam praktiknya dilapangan para tim Hallo Kampus banyak menemui kendala serta masalahmasalah, namun semua itu tetap mengacu pada patokan-patokan yang ada dan tidak melenceng pada ketentuan-ketentuan yang berlaku.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/BRD. 09 009 |
Call Number: | SK/09/503 |
NIM/NIDN Creators: | 04103-066 |
Uncontrolled Keywords: | produksi program |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 12 Nov 2009 14:44 |
Last Modified: | 05 Jun 2017 06:39 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25693 |
Actions (login required)
View Item |