Strategi program supermama seleb show concert di Indosiar dlm meningkatkan rating dan share (Periode Februari 2008)

Nurwahidah, (2009) Strategi program supermama seleb show concert di Indosiar dlm meningkatkan rating dan share (Periode Februari 2008). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Televisi memiliki peranan yang cukup penting karena televisi mampu mempengaruhi khalayak. Pihak stasiun televisi harus mampu menyajikan tayangan yang menarik dan menghibur bagi pemirsanya, tayangan-tayangan tersebut dihasilkan oleh orang-orang yang mempunyai ide-ide kreatif dan inovatif. Perkembangan kompetisi semakin marak sekarang ini dan ditambah oleh dukungan seorang mama yang siap mendukung anaknya dan menjadi seorang manajer untuk anaknya sendiri, menjadi latar belakang program Supermama Seleb Show Concert. Yaitu bagaimana cara menerapkan strategi yang dilakukan tim supermama sehingga acara ini mendapatkan rating dan share yang terbaik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi apa yang diterapkan oleh Program Acara Supermama Seleb Show Concert dan periode yang digunakan adalah bulan Februari 2008. Strategi program televisi diperlukan agar setiap program yang ditayangkan mencapai hasil yang optimal. Pada penelitian ini strategi yang digunakan adalah strategi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu dengan mempergunakan kegiatan orang lain, melalui tahap perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penggerakkan (actuating), dan pengawasan (controlling). Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif, dengan pendekatan kualitatif yang meberikan gambaran atau penjabaran tentang kondisi empiris objek penelitian berdasarkan karakteristik yang dimiliki. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Studi Kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam (indepth interview), bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penelitian dengan melakukan wawancara mendalam dengan beberapa narasumber dari tim produksi Supermama Seleb Show Concert. Hasil penelitiannya adalah acara Supermama Seleb Show Concert, menggunakan strategi memperluas jaringan audience/pemirsanya dan strategi pendahuluan kuat (strong lead-in) dalam menayangkan Supermama Seleb Show Concert. Beberapa target tercapai seperti target audien dan target spot iklan sedangkan ratingnya pun meningkat cukup drastis. Kesimpulannya Strategi yang diterapkan oleh Supermama Seleb Show Concert adalah strategi memperluas jaringan audience/pemirsanya dan menekankan kepada penajaman sasaran family all ages. Sarannya adalah Supermama Seleb Show Concert harus dapat memberikan penampilan atau performance yang berbeda dari acara lainnya disetiap episodenya dan membuat sebuah hal-hal yang baru serta unik sehingga acara ini tetap menarik dan mendapatkan rating yang tinggi. Harapan juga diberikan perbaikan yang bisa dilakukan oleh Supermama Seleb Show Concert dalam menayangkan acaranya dan menjadi bahan referensi untuk para karya ilmiah ini.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 09 010
Call Number: SK/09/499
NIM/NIDN Creators: 44105010021
Uncontrolled Keywords: Strategi program tv
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 12 Nov 2009 14:25
Last Modified: 31 May 2017 02:09
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25689

Actions (login required)

View Item View Item