Strategi promosi rumah makan siap saji waralaba (Francise) Indonesia PT Global Red Crispy dlm menarik minat investor periode 2008

Suherni, (2009) Strategi promosi rumah makan siap saji waralaba (Francise) Indonesia PT Global Red Crispy dlm menarik minat investor periode 2008. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI SUHERNI (4430401-005) “ Strategi Promosi Rumah Makan Siap Saji Waralaba (Franchise ) Indonesia PT.Global Red Crispy Dalam Menarik Minat Investor ( Franchisee ) Periode 2008” (xiv-86; 2 bagan; 7 lampiran) Biblioglafi : 20 Acuan ( 1986-2009 ) Kata Kunci : Strategi Promosi Saat ini terdapat beberapa bisnis rumah makan siap saji dengan system waralaba yang bersaing untuk memperebutkan pasar investor. tingginya tingkat persaingan membuat para pelaku bisnis waralaba tidak hanya bisa mengandalkan pada keunggulan produk saja, tetapi juga harus menerapkan strategi pemasaran, bagaimana produk tersebut dikomunikasikan sehingga dikenal masyarakat dan dapat tempat dihati investor. Dalam membuat dan menyusun suatu strategi diperlukannya suatu analisa mengenai lingkungan pasar dan pasar sasaran, agar mengetahui strategi yang cocok dengan produk. Setelah itu, bisa menentukan strategi apa yang akan dipakai dan elemen-elemen promosi apa yang bisa dipergunakan sesuai dengan karakteristik dan target market. PT.Global Red Crispy yang merupakan perusahaan bisnis waralaba yang baru lima tahun berdiri di Indonesia, dan belum dikenal oleh masyarakat, maka merasa perlu membuat strategi yang terencana dan matang untuk bersaing di pasar nanti. Dan PT.Global Red Crispy perlu membuat strategi promosi untuk menarik minat investor. Adapun tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui strategi promosi apa yang digunakan rumah makan siap saji waralaba Indonesia PT.Global Red Crispy dalam menarik minat investor periode 2008. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep promosi sebagai proses komunikasi pemasaran, strategi promosi (SOSTAC oleh Philip Kotler, yang memaparkan elemen-elemen untuk mendukung strategi promosi), bauran promosi. Kajian dalam penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif, dan pendekatan kualitatif, dengan metode penelitian studi kasus. Objek analisa dalam penelitian ini adalah PT.Global Red Crispy. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan narasumber yaitu Bapak Gatot Sutoto, selaku Head Marketing PT.Global Red Crispy. dan Bapak Ichwan, selaku Public Relation PT.Global Red Crispy serta data lain yang diperoleh melalui studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukan PT.Global Red Crispy melakukan analisa SOSTAC ( Situation, Object, Strategy, Taactic, Action, Control ), dan menggunakan 5 alat promosi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi promosi yang digunakan PT.Global Red Crispy dalam menarik investor yaitu dengan menggunakan Pull strategy yaitu melalui periklanan, promosi penjualan, public relation, Push strategy yaitu personal selling, direct marketing. Akan tetapi strategi promosi yang paling ditonjolkan oleh PT.Global Red Crispy yaitu personal selling dengan melakukan persentasi secara langsung kepada para calon investor atau franchisee untuk mengenalkan dan menawarkan bisnis waralaba Red Crispy.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/MCA. 09 022
Call Number: SK/09/497
NIM/NIDN Creators: 4430401-005
Uncontrolled Keywords: Strategi promosi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 12 Nov 2009 14:12
Last Modified: 31 May 2017 02:09
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25687

Actions (login required)

View Item View Item