Persepsi masyarakat thd endoser iklan kuku bima ener-g di televisi

Andriadi, Sugma (2009) Persepsi masyarakat thd endoser iklan kuku bima ener-g di televisi. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Iklan merupakan bentuk penyampaian pesan dari produsen kekonsumen. Tentu tidak mudah bagi produsen Kuku Bima Ener-G untuk menyampaikan pesannya kepada konsumen. Perlu cara-cara jitu dalam menyampaikan pesan agar pesan tersebut efektif. Salah strategi kreatif yang digunakan produsen Kuku Bima Ener-G dalam iklan adalah penggunaan selebritis Mbah Maridjan, Ade Rai dan Chris John sebagai endorser Kuku Bima Ener-G dan hasilnya kini penjualan Kuku Bima Ener-G mendekati Extra Joss yang saat ini masih menjadi market leader minuman berenergi. Persepsi adalah pengalaman tentang objek, peristiwa atau hubungan yang diperoleh dengan menyimpulkan informasi dan menafsirkan pesan. Endoser adalah sumber dari informasi yang terdapat dalam sebuah iklan, yang mempengaruhi penerimaan dari isi (argument) dalam pesan yang disampaikan karena kredibilitas dan daya tarik yang dimiliki. Penelitian ini ingin mengetahui persepsi masyarakat dari tahap perhatian, penafsiran, dan pengetahuan. Teori yang digunakan yaitu toeri dari Jalalaludin Rakhmat yang mengatakan proses persepsi terdiri dari attention, interpretation, dan kognition. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey, yaitu dengan menggunakan kuesioner sebagai sumber data. Sifat penelitiannya adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Tehnik penarikan sampel yang dugunakan adalah sampel acak sederhana. Populasi yang diteliti adalah Masyarakat Rw 06 Kelurahan Kembangan Utara yang berjumlah 750 orang, sedangkan sampel yang diambil berjumlah 88 orang yang dianggap mewakili populasi. Hasil penelitian tahap perhatian responden terbanyak memberikan persepsi positif terhadap endorser ( Chris John, Ade Rai dan Mbah Maridjan) pada iklan Kuku Bima Ener-G. Pada tahap penafsiran responden juga mempunyai interpretasi yang positif terhadap (Chris John, Ade Rai, Mbah Maridjan) karena memiliki personality yang baik.Kemudian pada tahap pengetahuan mayoritas responden juga memiliki pengetahuan yang positif terhadap endorser (Chris John, Ade Rai, Mbah Maridjan) pada iklan Kuku Bima Ener-G. Masyarakat Rw 06 Kelurahan Kembangan Utara memberikan persepsi positif terhadap endorser Kuku Bima Ener-G dengan persentase Chris John (100%), Ade Rai (97,7), dan Mabh Maridjan (95,5). Sehingga responden menilai Chris John, Ade Rai dan Mbah Maridjan cocok sebagai bintang iklan Kuku Bima Ener-G.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/MCA. 09 047
Call Number: SK/09/493
NIM/NIDN Creators: 4430401-044
Uncontrolled Keywords: endoser iklan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 12 Nov 2009 11:34
Last Modified: 31 May 2017 02:09
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25683

Actions (login required)

View Item View Item