Persepsi mahasiswa thd program acara reality show backstreet di SCTV (Periode bulan Mei 2009)

Mulyani, Sukmawati (2009) Persepsi mahasiswa thd program acara reality show backstreet di SCTV (Periode bulan Mei 2009). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Media massa yang dapat mempengaruhi kehidupan manusia secara langsung adalah televisi, sebab televisi mempunyai dampak yang cukup besar pada kehidupan manusia. Televisi merupakan sarana yang sangat penting untuk khalayak karena televisi merupakan pusat informasi. Di Indonesia program televisi kebanyakan berisi acara sinetron, infotainment, kuis, talkshow, musik, film televisi, laporan berita, seni dan budaya dan reality show. Reality show adalah program yang mencoba menyajikan suatu situasi seperti konflik, persaingan atau hubungan berdasarkan realitas yang sebenarnya. Reality show backstreet adalah reality show yang berupaya untuk menggambarkan mengenai kondisi hubungan percintaan yang tidak begitu lancar (backstreet/diam-diam) dari orang tua, sahabat, dan lainya dan yang sarat konflik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa broadcasting 2008 Universitas Mercu Buana terhadap tayangan backstreet di SCTV (Periode Bulan Mei 2009). Persepsi adalah pengalaman tentang obyek, peristiwa, atau hubungan-hubungan yang diperoleh dengan menyimpulkan informasi dan menafsirkan pesan. Tipe penelitian yang digunakan adalah bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, yaitu dimana si peneliti ingin mengetahui gambaran suatu hal, tidak menghubungkan variabel, dan tidak hanya menggambarkan fenomena yang terjadi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Hasil penelitian tentang persepsi yang memperlihatkan penilaian sangat baik / sangat positif (skor 5) dari segi perhatian adalah perhatian terhadap alur cerita 81%, dari segi penafsiran adalah penafsiran mengenai kesesuaian ilustrasi musik 81% dan dari segi pengetahuan adalah pengetahuan mengenai pembawa acara perempuan backstreet 91% dan pengetahuan mengenai hari penayangan backstreet 94%. Sedangkan persepsi mahasiswa terhadap program acara reality show backstreet di SCTV secara keseluruhan adalah 74% baik / positif (skor 4), ini terbukti bahwa responden sangat mengetahui, menyukai dan menikmati program reality show backsteet di SCTV

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 09 096
Call Number: SK/09/492
NIM/NIDN Creators: 44105010116
Uncontrolled Keywords: Persepsi - program acara
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 12 Nov 2009 11:29
Last Modified: 31 May 2017 02:09
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25682

Actions (login required)

View Item View Item