Strategi produksi production house imaji benteng selaras dlm meningkatkan share dan rating program reality show backstreet periode maret 2009

Iranti, Dharma (2009) Strategi produksi production house imaji benteng selaras dlm meningkatkan share dan rating program reality show backstreet periode maret 2009. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAK DHARMA IRANTI (44105010139) STRATEGI PRODUKSI PRODUCTION HOUSE IMAJI BENTENG SELARAS DALAM MENINGKATKAN SHARE DAN RATING PROGRAM REALITY SHOW BACKSTREET PERIODE MARET 2009 vii + 102 halaman, 21 refrensi (1996 – 2005) + 3 situs internet Televisi mempunyai peranan yang sangat penting dalam arena televisi yang mampu mempengaruhi persepsi khalayak. Pihak stasiun televisi dan production house harus memiliki ide yang kreatif dan inovatif, agar dapat menghasilkan suatu program yang menarik untuk pemirsanya. Program reality show adalah salah satu program yang berkembang pesat saat ini, ini dapat dibuktikan dengan banyaknya program sejenis yang bermunculan di stasiun televisi lainnya. Program Backstreet adlaah satu runtutan acara reality show yang diproduksi oleh Production House Imaji Benteng Selaras dan ditayangkan oleh stasiun televisi SCTV. Namun program Backstreet sedang mengalami penurunan share dan rating di bulan Maret 2009, di karenakan telah mengalami pergantian pembawa acara dan perubahan jam tayang. Karena itulah penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi yang digunakan pada program Backstreet dalam meningkatkan share dan rating. Strategi adalah program umum terhadap pencapaian suatu manajemen untuk mencapai suatu tujuan. Pada penelitian ini proses yang digunakan adalah proses untuk mencapai tujuan yang telah ditetapka terlebih dahulu dengan menggunakan tahapan pra produksi, produksi dan pasca produksi. Adapun penelitian ini bersifat deskriptif kualiatif. Metode yang digunakan adalah studi kasus yang memberikan uraian dan penjelasan komprehensif mengenai berbagai aspek. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah indepth interview atau wawancara secara mendalam dengan narasumber yang berkompeten, yaitu tim produksi Backstreet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam strategi produksi program reality show Backstreet ini terdapat 3 tahapan produksi yang merupakan bagian dari strategi produksi, yang meliputi pra produksi yang didalamnya terdapat empat strategi diantaranya strategi program, strategi promosi, strategi show, strategi organisasi dan SDM. Yang kedua adalah produksi yang meliputi strategi perencanaan syuting dan syuting dan strategi pengambilan gambar. Dan yang terakhir adalah pasca produksi yaitu evaluasi program. Dengan perencanaan dan persiapan yang baik, maka hasil penelitian tentang program Backstreet adalah share dan rating program Backstreet naik 1% yang semula 1,5% dengan share 11,6% menjadi 1,6% dan share 12,5%. Ini membuktikan bahwa penggunaan strategi program yang sudah ditetapkan dalam rapat produksi berjalan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 09 001
Call Number: SK/09/488
NIM/NIDN Creators: 44105010139
Uncontrolled Keywords: Strategi produksi production house
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Nov 2009 15:44
Last Modified: 31 May 2017 02:09
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25678

Actions (login required)

View Item View Item