Strategi kreatif perancangan media poster kampanye partai demokrat periode pemilu legislatif 2009 versi (Program pro rakyat)

Akbar, Ridho (2009) Strategi kreatif perancangan media poster kampanye partai demokrat periode pemilu legislatif 2009 versi (Program pro rakyat). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Ridho Akbar 44405010013 Strategi Kreatif Perancangan Media Poster Kampanye Partai Demokrat Periode Pemilu Legislative 2009 Versi “ Program Pro Rakyat” Viii halaman + 126 halaman ; 7 tabel ; 6 gambar ; 4 lampiran Bibliografi 33 buku (1967-2007) website (2004-2009) Dalam pesta demokrasi banyak hal yang digunakan untuk meraih simpati public, tiap partai politik mempromosikan diri dengan cara beriklan.media yang banyak digunakan dalam berkampanye adalah POSTER ,Untuk dapat membuat iklan poster yang baik tim kreatif harus menentukan strategi kreatif perancangan iklan apa yang paling baik dan menguntungkan untuk program kampanye partai politik Demokrat versi “Program Pro Rakyat” yaitu program program Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bersama Demokrat tentang program kerakyatan. Yang akan diiklankan tersebut, Agar iklan yang dibuat nantinya dapat efektif dan mampu memenuhi tujuan iklan.dalam proses pembuatan iklan tersebut, partai Demokrat memiliki tim kreatif sendiri yaitu NEWS DEMOKRAT dan FOX INDONESIA sebagai konsultan politiknya. Dari Latar belakang tersebut, tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Kreatif Perancangan Media Poster Kampanye Partai Demokrat Periode Pemilu 2009 Versi “ Program Pro Rakyat” Salah satu konsep pemikiran yang dijadikan acuan dalam membuat strategi perancangan kreatif iklan diambil dari Suyanto . M yang merumuskan tentang pendekatan kreatif perancangan iklan poster. Dasar proses strategi kreatifmya sendiri menggunakan Sandra E. Moriatory STP yang berdasarkan pada (segmenting, targeting, positioning) dan digabungkan dengan teori SWOT. Penelitian yang diambil oleh penulis adalah menggunakan pendekatan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dengan metode penelitian studi kasus dan tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara mendalam beberapa nara sumber yang terlibat langsung proses pembuatan iklan, dalam hal ini adalah pimpinan News Demokrat public Relation Coordinator Demokrat selaku tim kreatif partai Democrat. Hasil penlitian menunjukan bahwa NEWS DEMOKRAT dan FOX INDONESIA mengangkat strategi dengan pendekatan kreatif Unique Selling Proposition( strategi Proposisi Penjualan Unik) dengan daya tarik pesan rasionalemosional (combination appeals), ilustrasi, warna, photography, layout dan copy iklan tersebut dirancang sedemikian rupa untuk mempengaruhi emosional khalayak dengan menyatakan keunggulan produk yang unik, yang dapat memberikan suatu benefit, keunggulan dan kepercayaan yang ditimbulkan kepada rakyat oleh partai Demokrat.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/KV. 09 006
Call Number: SK/09/487
NIM: 44405010013
Uncontrolled Keywords: perancangan media poster
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Komunikasi Visual
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Nov 2009 15:39
Last Modified: 31 May 2017 02:09
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25677

Actions (login required)

View Item View Item