Sikap khalayak thd iklan telkom flexi versi kartun ditelevisi (Survei thd khalayak rw 04 kel srengseng kec kembangan jak-bar)

Wahyudin, Achmad (2009) Sikap khalayak thd iklan telkom flexi versi kartun ditelevisi (Survei thd khalayak rw 04 kel srengseng kec kembangan jak-bar). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Kompetisi produk dalam beriklan dewasa ini cukup sengit. Hal ini dapat dilihat dari makin maraknya pengiklan dalam mengiklankan produknya. Agar Iklan dapat diperhatikan diketahui, dan disukai oleh konsumen iklan harus dapat memberikan hiburan bagi yang melihatnya tidak hanya memberikan informasi produk. Pemasar perlu melakukan penelitian Sikap (attitude) merupakan salah satu konsep paling penting yang digunakan pemasar untuk memahami konsumen. Media televisi adalah media yang sangat tepat untuk beriklan karena dapat menjangkau khalayak yang lebih luas dari media lainnya dan juga memiliki dampak yang begitu kuat terhadap panca indra yaitu penglihatan dan pendengaran. Salah satu iklan yang menggunakan media televisi adalah iklan TELKOMFlexi versi kartun tersebut menampilkan keunikan dan perbedaan dalam iklannya dimana PT.Telkom tidak menggunakan talent artis melainkan menggunakan karakter kartun. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana sikap khalayak terhadap iklan TELKOMFlexi versi kartun ditelevisi. Teori yang digunakan adalah teori ” Stimulus organisme Response (S-O-R) ” dimana dijelaskan bahwa efek merupakan reaksi terhadap stimuli (Rangsangan) tertentu. Efek yang ditimbulkan adalah reaksi khusus sehingga seseorang dapat mengharapkan dan memperkirakan kesesuaian antara pesan dan reaksi komunikan. Tipe penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah kuantitatif yang bersifat deskriptif dengan metode survai. Populasi penelitian ini adalah Khalayak RW 04 Kelurahan Srengseng Kecamatan Kembangan Jakarta Barat berusia antara 15-25 tahun dengan jumlah sampel 85 orang dari total populasi 580 orang menggunakan tekhnik porposive sampling Hasil penelitian ini adalah Khalayak RW 04 kelurahan srengseng kecamatan kembangan jakarta barat berusia 15-25 tahun rata-rata menunjukan bahwa sikap khalayak terhadap iklan TELKOMFlexi versi kartun ditelevisi cukup tinggi (positif) yakni dengan akumulasi sikap sebesar 64.7%. Hal ini disebabkan karena pada dimensi perhatian terhadap Iklan TELKOMFlexi versi kartun diperoleh nilai 75.3% atau 64 responden, dimensi pengetahuan sebesar 80.0% atau 68 responden, dimensi penilaian sebesar 70.6% atau 60 responden dan dimensi pemilihan sebesar 67.1% atau 57 responden

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/MCA. 09 058
Call Number: SK/09/478
NIM/NIDN Creators: 4430401-048
Uncontrolled Keywords: Sikap khalayak thd iklan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Nov 2009 12:09
Last Modified: 31 May 2017 02:09
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25668

Actions (login required)

View Item View Item