strategi Program Musik Dahsyat Di RCTI Periode Maret 2009

Mahardhika, Swasti Putri (2009) strategi Program Musik Dahsyat Di RCTI Periode Maret 2009. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Televisi memiliki peranan yang cukup penting karena televisi mampu mempengaruhi khalayak. Pihak stasiun televisi harus mampu menyajikan tayangan yang menarik dan menghibur bagi pemirsanya, tayangan-tayangan tersebut dihasilkan oleh orang-orang yang mempunyai ide-ide kreatif dan inovatif. Perkembangan kompetisi semakin marak sekarang ini dan ditambah oleh dukungan seorang mama yang siap mendukung anaknya dan menjadi seorang manajer untuk anaknya sendiri, menjadi latar belakang program Dahsyat. Yaitu bagaimana cara menerapkan strategi yang dilakukan tim dahsyat sehingga acara ini mendapatkan rating dan share yang terbaik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi apa yang diterapkan oleh Program Acara Musik Dahsyat dan periode yang digunakan adalah bulan Maret 2009. Strategi program televisi diperlukan agar setiap program yang ditayangkan mencapai hasil yang optimal. Pada penelitian ini strategi yang digunakan adalah strategi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu dengan mempergunakan kegiatan orang lain, melalui tahap perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penggerakkan (actuating), dan pengawasan (controlling). Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif, dengan pendekatan kualitatif yang meberikan gambaran atau penjabaran tentang kondisi empiris objek penelitian berdasarkan karakteristik yang dimiliki. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Studi Kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam (indepth interview), bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penelitian dengan melakukan wawancara mendalam dengan beberapa narasumber dari tim produksi Dahsyat. Hasil penelitiannya adalah acara Musik Dahsyat, menggunakan strategi memperluas jaringan audience/pemirsanya dan strategi pendahuluan kuat (strong lead-in) dalam menayangkan Dahsyat. Beberapa target tercapai seperti target audien dan target spot iklan sedangkan ratingnya pun meningkat cukup drastis. Kesimpulannya Strategi yang diterapkan oleh Dahsyat adalah strategi memperluas jaringan audience/pemirsanya dan menekankan kepada penajaman sasaran Remaja dan dewasa. Sarannya adalah Dahsyat harus dapat memberikan penampilan atau performance yang berbeda dari acara lainnya disetiap episodenya dan membuat sebuah hal-hal yang baru serta unik sehingga acara ini tetap menarik dan mendapatkan rating yang tinggi Harapan juga diberikan perbaikan yang bisa dilakukan oleh Dahsyat dalam menayangkan acaranya dan menjadi bahan referensi untuk para karya ilmiah ini.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 09 059
Call Number: SK/41/10/001
NIM/NIDN Creators: 44105010089
Uncontrolled Keywords: Program Musik Dahsyat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 17 Jan 2010 10:43
Last Modified: 31 May 2017 02:09
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25548

Actions (login required)

View Item View Item