Identifikasi Peran Humas Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Dalam Menuntaskan Wajib Belajar Sembilan Tahun Di Wilayah DKI Jakarta

Handayani, Ratna Suri (2009) Identifikasi Peran Humas Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Dalam Menuntaskan Wajib Belajar Sembilan Tahun Di Wilayah DKI Jakarta. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI PR atau humas dalam sebuah organisasi mempunyai peranan untuk dapat mewujudkan tujuan dari sebuah organisasi. Peran humas di lingkungan pemerintahan sangat penting dalam membangun citra positif bangsa dan negara. Apalagi dewasa ini pemerintah tengah menghadapi berbagai persoalan kemasyarakatan yang mendasar, Peranan humas untuk menanamkan sense of belonging pada khalayaknya dalam upaya untuk mencapai tujuan organisasi yang tentunya berlandaskan keterlampilan humas agar dapat menyentuh persepsi public sasaran. Ada empat peran utama humas yang mendeskripsikan sebagian besar praktek mereka. Akan tetapi, kadang – kadang praktisi melakukan semua peran ini dan peran lainnya dalam tingkat yang berbeda – beda, meskipun ada peran dominan dalam pekerjaan mereka sehari – hari dan dalam cara mereka berhadapan dengan orang lain. Adapun peran humas tersebut antara lain : Teknisi Komunikasi, Expert Prescriber, Fasilitator Komunikasi, dan Fasilitator Pemecah Masalah. Program wajib belajar 9 tahun yang telah dicanangkan oleh pemerintah di tahun 1994 telah mencapai kesempurnaannya di wilayah DKI Jakarta pada tahun 2008. Hal ini tentunya tidak lepas dari peranan humas dinas pendidikan yang senantiasa menginformasikan kepada masyarakat mengenai program ini.Oleh karena itu penelitian ini disusun untuk mengetahui peranan huams dinas pendidikan dalam menuntaskan wajib belajar 9 tahun di wilayah DKI Jakarta Tipe penelitian yang dipilih kali ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus, dimana peneliti berupaya menelaah sebanyak mungkin data mengenai subyek data mengenai subjek yang diteliti. Pada penelitian ini penulis mewawancarai 4 orang yaitu Kepala Humas Dinas Pendidikan,Koordinator Humas dan Protokoler, Kepala Sekolah SDN Percontohan Johar Baru 09 Pagi, Staf Humas SMPN 216.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 09 109
Call Number: SK/42/10/013
NIM/NIDN Creators: 44207110005
Uncontrolled Keywords: Peran humas, wajib belajar, jakarta
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 17 Jan 2010 12:14
Last Modified: 31 May 2017 02:09
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25536

Actions (login required)

View Item View Item