Aktivitas Sosialisasi Fasilitator PNPM Mandiri - Perkotaan Untuk Memberdayakan Masyarakat Miskin Di Kecamatan Cilincing Jakarta Utara

Marbun, Huthon (2009) Aktivitas Sosialisasi Fasilitator PNPM Mandiri - Perkotaan Untuk Memberdayakan Masyarakat Miskin Di Kecamatan Cilincing Jakarta Utara. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAK Program pemberdayaan masyarakat harus didukung dari semua pihak baik itu Fasilitator yang mendampingi program dan masyarakat yang turut aktif dalam mensukseskan dan ikut terlibat di dalamnya. Faktor yang paling penting dalam kesuksesan program ini adalah pengetahuan masyarakat kepada program ini melalui kegiatan – kegiatan sosialisasi yang dijalankan oleh Fasilitator Kelurahan yang menyampaikan dan memantau pelaksanaan program di masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui akitivitas sosialisasi Fasilitator PNPM Mandiri Perkotaan untuk memberdayakan masyarakat miskin di Kecamatan Cilincing Kotamadya Jakarta Utara. Adapun teori dan konsep yang penulis gunakan untuk membantu menjawab persoalan pokok skripsi ini antara lain konsep komunikasi, PR,fasilitator dan Community Development. Metode penelitian penulisan skripsi ini adalah studi kasus dengan tipe penelitian deskriptif kualitatif dan menggunakan narasumber untuk mencari informasi seperti Fasilitator, Korkot, warga miskin, anggota LKM. Adapun definisi konsep dari penelitian skripsi ini adalah aktivitas sosialisasi dan pemberdayaan masyarakat sedangkan fokus penelitian penulis adalah aktifitas sosialisasi fasilitator dalam menyampaikan program PNPM Mandiri Perkotaan kepada masyarakat. Merujuk pada pendapat Scott.M.Cutlip bahwa proses aktivitas sosialisasi seorang humas atau fasilitator adalah melakukan fact finding, perencanaan dan program, aksi dan komunikasi, evaluasi dengan melakukan kordinasi dengan Wakil Camat, Lurah, Ketua RW, Ketua RT dan Relawan tentang rencana pelaksanaan sosialisasi, menyiapkan materi sosialisasi, menyiapkan media komunikasi seperti poster, kertas plano, ATK, melakukan pendokumentasian acara sosialisasi, melakukan sosialisasi kepada warga melalui diskusi maupun tatap muka, mengevaluasi hasil pertemuan sosialisasi termasuk menindaklanjuti masukan-masukan dan informasi dari warga.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FH/HM. 09 111
Call Number: SK/42/10/011
NIM/NIDN Creators: 44207110062
Uncontrolled Keywords: Sosialisasi Fasilitator, PNPM Mandiri, masyarakat, jakarta
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 17 Jan 2010 12:09
Last Modified: 31 May 2017 02:09
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25534

Actions (login required)

View Item View Item