Strategi Komunikasi Grup Musik RAN Dalam Menggunakan Media Situs Jejaring Sosial MySpace Untuk Menjalin Hubungan Dengan Khalayak Penggemarnya

Tamara, (2009) Strategi Komunikasi Grup Musik RAN Dalam Menggunakan Media Situs Jejaring Sosial MySpace Untuk Menjalin Hubungan Dengan Khalayak Penggemarnya. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAK Salah satu bentuk hubungan dalam public relations yang mengatur hubungan antara organisasi dan publiknya adalah media relations. Media Relations merupakan bagian dari Strategi Komunikasi yang dilakukan organisasi dengan khalayaknya. Grup musik RAN sebagai sebuah organisasi, menerapkan strategi komunikasi untuk berhubungan dengan khalayak penggemarnya, melalui media situs jaringan sosial MySpace. Perkembangan teknologi komunikasi melalui internet menawarkan beragam kemudahan untuk bersosialisasi, terlebih dengan diikuti maraknya kehadiran situs jaringan sosial yang memungkinkan komunikasi dilakukan tanpa mengenal batas ruang dan waktu. Dengan fitur-fitur dan kelebihan yang dimiliki, situs MySpace menjadi media yang dipilih oleh grup musik RAN untuk berkomunikasi dengan khalayak penggemarnya. Tinjauan pustaka yang digunakan meliputi definisi dan tujuan komunikasi, pengertian strategi komunikasi, definisi PR, definisi media relations, definisi media situs jejaring sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengidentifikasi strategi komunikasi grup musik RAN dalam berkomunikasi dengan khalayak penggemarnya, menggunakan media situs jejaring sosial MySpace. Penelitian ini difokuskan pada pelaksanaan situs MySpace RAN dan strategi komunikasinya, serta pemanfaatan fitur-fitur yang menjadi keunggulan MySpace. Tipe Penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, metode penelitiannya adalah studi kasus. Sedangkan teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Teknik keabsahan data dengan triangulasi dan mendeskripsikan hasil wawancara secara kualitatif . Hasil penelitian yang didapat, grup musik RAN tidak memiliki petugas humas khusus. Peran humas dijalankan oleh Manager RAN dan para personil RAN. Dalam berkomunikasi dengan khalayak penggemarnya menggunakan situs MySpace, kegiatan posting dilakukan oleh Manajer RAN, dan juga personil RAN. Grup musik RAN juga melibatkan para Ranners (sebutan untuk penggemar RAN) dengan mengikutsertakan mereka dalam link situs RAN yang tersambung dengan situs mereka. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, grup musik RAN memanfaatkan dengan baik fitur-fitur keunggulan MySpace secara optimal, guna menunjang strategi komunikasi mereka dengan khalayak penggemarnya.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FH/HM. 09 112
Call Number: SK/42/10/006
NIM/NIDN Creators: 44205120064
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, media jejaring sosial, mysapce, hubungan khalayak
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 17 Jan 2010 11:51
Last Modified: 31 May 2017 02:09
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25529

Actions (login required)

View Item View Item