Identifikasi Budaya Organisasi Di Direktorat Pembinaan TK Dan SD - Departemen Pendidikan Nasional

Esah, Nur (2009) Identifikasi Budaya Organisasi Di Direktorat Pembinaan TK Dan SD - Departemen Pendidikan Nasional. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Setiap organisasi memiliki tujuan yang ingin dicapai, dan untuk mewujudkannya perlu adanya manajemen yang baik oleh suatu organisasi. Manajemen yang baik adalah manajemen yang mencakup seluruh aspek, baik ke dalam maupun ke luar organisasi. Hal ini bisa berjalan apabila tercipta budaya organisasi yang baik dalam organisasi. Budaya organisasi yang baik dapat tercipta apabila komunikasi dalam organisasi tersebut berjalan dengan baik dan efektif. Direktorat Pembinaan Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar - Depdiknas merupakan lembaga milik pemerintah yang mengemban tugas umum pemerintahan di bidang pendidikan khususnya taman kanak-kanak dan sekolah dasar, yang dipimpin oleh Dr. Mudjito AK, M.Si selaku direktur dengan jumlah karyawan sebanyak 165 (seratus enem puluh lima) orang. Peneliti sangat tertarik untuk meneliti budaya organisasi yang diterapkan pada Direktorat Pembinaan TK dan SD tersebut. Budaya organisasi adalah suatu sistem dan nilai-nilai panutan yang secara bersama diikuti atau diperbaiki oleh anggotanya, berbeda dengan lainnya. Nilai-nilai panutan tersebut membatasi dan mengarahkan cara anggotanya berperilaku dan bekerja. Dalam penelitian ini peneliti akan mengidentifikasi budaya organisasi pada Direktorat Pembinaan TK dan SD dengan berfokus pada Karakteristik Budaya Organisasi, yaitu: Inisiatif Individual, Toleransi terhadap Tindakan Beresiko, Pengarahan, Integrasi, Dukungan Manajemen, Kontrol, Identitas, Sistem Imbalan, Toleransi terhadap Konflik, dan Pola Komunikasi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan sifat penelitian deskriptif adalah pencarian fakta dengan interpretasi yang tepat. Penelitian deskriptif mempelajari masalah-masalah dalam masyarakat serta tata cara yang berlaku dalam v 7 masyarakat serta situasi-situasi tertentu, termasuk hubungan, kegiatan, sikap-sikap, pandangan-pandangan, serta proses-proses yang sedang berlangsung serta pengaruh-pengaruh dalam suatu fenomena. Pada penelitian ini peneliti mengumpulkan data dengan observasi partisipasi dan wawancara mendalam terhadap key informan atau nara sumber yang terkait dengan objek yang diteliti. Pengambilan data primer dilakukan dengan wawancara mendalam dengan 11 orang key informan, yang terdiri dari 2 orang kepala seksi dan 8 orang karyawan, serta dengan mengadakan wawancara/ pengecekan dengan Direktur Pembinaan TK dan SD, hasilnya diolah, dideskripsikan, dan dijabarkan secara kualitatif sesuai dengan tujuan penelitian pada Direktorat Pembinaan TK dan SD – Depdiknas. Untuk hasil yang akurat dan data yang lengkap digunakan juga metode triangulasi guna menguji kesesuaian antara ucapan dan tindakan informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya organisasi yang diterapkan pada Direktorat Pembinaan TK dan SD – Depdiknas adalah pada umumnya sudah baik, namun dalam hal yang berkaitan dengan peraturan-peraturan kantor masih banyak pegawai yang belum menaati peraturan kantor sepenuhnya. Hal tersebut terlihat dari hasil penelitian yang menunjukkan sistem manajemen yang kurang baik, antara lain masih banyak pegawai yang tidak peduli dengan peraturan-peraturan kantor, tidak peduli dengan kemajuan organisasi, yang disebabkan oleh pimpinan yang kurang memperhatikan aspek-aspek yang dapat menjadikan suasana kerja yang baik, yang menjunjung tinggi nilai-nilai moral.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 09 108
Call Number: SK/42/10/002
NIM/NIDN Creators: 0420311-031
Uncontrolled Keywords: Identifikasi Budaya, budaya organisasi, depdiknas
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 17 Jan 2010 11:34
Last Modified: 05 Jun 2017 06:26
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25525

Actions (login required)

View Item View Item