Pengaruh Terpaan Tayangan "Insert" Terhadap Perilaku Gosip Khalayak (Survey Terhadap Ibu Rumah Tangga Di Lingkungan RW 010 Kompleks Villa Tangerang Indah - Tangerang)

Oktaviani, Dwi (2009) Pengaruh Terpaan Tayangan "Insert" Terhadap Perilaku Gosip Khalayak (Survey Terhadap Ibu Rumah Tangga Di Lingkungan RW 010 Kompleks Villa Tangerang Indah - Tangerang). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Dwi Oktaviani ( 44105010059 ) Pengaruh Terpaan Tayangan “Insert” Terhadap Prilaku Gosip Khalayak ( Survey Terhadap Ibu Rumah Tangga Di lingkungan Rw 010 Kompleks Villa Tangerang Indah-Tangerang ) xi + 81 halaman ; 33 tabel ; 7 Lampiran Seiring dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat akan suatu hiburan, maka semakin banyak stasiun televisi yang menyajikan berbagai macam tayangan infotainment. Persaingan antar stasiun televisi tak terelakkan lagi. Hal ini yang kemudian memicu tiap stasiun televisi untuk menyajikan tayangan infotainment yang lebih menarik untuk mendapatkan perhatian dari masyarakat. Unsur kreatifitas dari para produser juga tak luput dari pembuatan suatu tayangan infotainment. Di latar belakangi oleh hal tersebut diatas, maka perumusan masalah dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh terpaan tayangan “insert” terhadap perilaku gossip khalayak (Survey Terhadap Ibu Rumah Tangga Di Lingkungan Rw 010 kompleks Villa Tangerang Indah ?” ). Sebagai landasan teori, penelitian ini menggunakan teori Mc Quail, teori ini menjelaskan bahwa fungsi lain dari media massa juga di tinjau dari sudut pandang kepuasan individual terhadap tayangan yang disajikan oleh media massa. Sifat penelitian yang di gunakan adalah eksplanatif korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan metode penelitian ini adalah metode survey yaitu penelitian yang mengambil sampel dari suatu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data yang pokok. Populasi data penelitian adalah Ibu-Ibu Rumah Tangga di lingkungan Rw 010 Kompleks Villa Tangerang Indah-Tangerang yaitu sejumlah 506 Responden dengan sampel penelitian sebanyak 76 Responden.sedangkan teknik pengambilan sampel yang di gunakan adalah nonprobability sampling design, dimana penarikan sampel tidak penuh di lakukan dengan menggunakan hukum probabilitas. Hasil R sebesar 0,531 menunjukkan adanya hubungan korelasi yang sedang antara variabel X dan variabel Y. Selanjutnya dalam pengujian hipotesis di dapat hasil t hitung > t tabel yaitu sebesar 5,389 > 1,9925 yang berarti Ho di tolak dan Ha di terima. Hasil yang di dapat dari penelitian adalah pengaruh terpaan tayangan insert mengkontribusi perilaku gosip khalayak sebesar 28,2 %, sedangkan 71,8% di tentukan oleh faktor lainnya. Seperti faktor lingkungan, tempat tinggal, peranan individu yang berbeda-beda, faktor personal dalam diri individu.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 09 098
Call Number: SK/41/10/011
NIM/NIDN Creators: 44105010059
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Terpaan Tayangan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 17 Jan 2010 13:44
Last Modified: 31 May 2017 02:09
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25519

Actions (login required)

View Item View Item