Optimalisasi Pemanfaatan Air Buangan Summitmas Tower Dengan Proses Daur Ulang Berdasarkan Analisa Teknis, Biaya Dan Manfaat.

Gustari, Budi (2009) Optimalisasi Pemanfaatan Air Buangan Summitmas Tower Dengan Proses Daur Ulang Berdasarkan Analisa Teknis, Biaya Dan Manfaat. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (SKRIPSI FULL)
0110311-090 Budi Gustari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (816kB)

Abstract

ABSTRAK Universitas Mercu Buana Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Budi. Gustari 0110311-090 Pembimbing : Ir. Zainal Arifin.MT. OPTIMALISASI PEMANFAATAN AIR BUANGAN SUMMITMAS TOWER DENGAN PROSES DAUR ULANG BERDASARKAN ANALISA TEKNIS , BIAYA DAN MANFAAT Peningakatan efisiensi proses, produk dan pola konsumsi yang berkaitan dengan penggunaan bahan baku merupakan kunci pertama dalam mengopersionalkan produk bersih. Untuk meminimasi limbah, dalam hal ini air buangan diperlukan suatu proses yang dapat mendaur ulang sehingga air tersebut dapat digunakan kembali untuk kepentingan yang lain dan memperlakukan limbah sebagai suatu sub sistem bangunan yang menuntut perlakuan yang lebih memadai dibandingkan hanya sebagai aktifitas pelengkap. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meninjau proses daur ulang air buangan dari segi teknis dan ekonomis pada gedung Summitmas Tower yang terletak di jalan Jenderal Sudirman, Jakarta. Sistem daur ulang yang digunakan di gedung Summitmas Tower dalam usaha meminimasi air buangan dan mengefisiensikan penggunaan air bersih dari sumbernya dapat mencapai 50 % bila dilihat dari segi teknis, sedangkan dari segi ekonomis berdasarkan analisa biaya dan manfaat didapat nilai kelayakan lebih dari 1 ( satu ).

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FTSP/SIP. 09 007
Call Number: STSP/09/134
NIM/NIDN Creators: 0110311-090
Uncontrolled Keywords: PROSES DAUR ULANG, analisa teknis
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 17 Dec 2009 14:28
Last Modified: 18 Aug 2022 04:19
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25398

Actions (login required)

View Item View Item