PERBANDINGAN PERANCANGAN JEMBATAN BENTANG PENDEK (SHORT SPAN) MENGGUNAKAN CORRUGATED STEEL PIPE DENGAN CONCRETE BOX CULVERT BERDASARKAN MUTU DAN BIAYA

DARMAWAN, ADE (2009) PERBANDINGAN PERANCANGAN JEMBATAN BENTANG PENDEK (SHORT SPAN) MENGGUNAKAN CORRUGATED STEEL PIPE DENGAN CONCRETE BOX CULVERT BERDASARKAN MUTU DAN BIAYA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (SKRIPSI FULL)
41105120038 Ade Darmawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dalam proyek-proyek sipil yang berskala besar maupun kecil pada umumnya dan jembatan pada khususnya, penyelesaian yang cepat dan tepat sering kali jadi tuntutan dalam pekerjaan tersebut. Untuk itu, diperlukan pertimbangan dalam penggunaan produk-produk konstruksi yang efisien yang tentu saja tidak melupakan keamanan dan kenyamanan. Hal ini sudah tidak dapat dihindari lagi, mengingat dengan adanya kemajuan teknologi khususnya pada dunia konstruksi yang pesat yang menawarkan berbagai macam bentuk keunggulan, apalagi penggunaan produk-produk konvensional sudah tidak efisien lagi. Sehubungan dengan hal tersebut dan makin beragamnya produk jembatan baik itu merk, jenis maupun tipenya yang digunakan pada sebuah proyek, menuntut semua pihak yang terlibat dalam sebuah proyek tersebut untuk memilih produk yang sesuai dengan proyek yang dikerjakan. Dalam artian, bahwa produk tersebut bisa digunakan, efisien, praktis, dan mudah dalam pemasangan dan penggunaannya serta tahan lama. v Salah satu bentuk produk jembatan yang ada pada saat ini adalah Corrugated Steel Pipe. Produk ini belum banyak dikenal, karena memang kebanyakan proyek jembatan di Indonesia masih menggunakan beton sebagai bahan utamanya atau bahkan menggunakan konstruksi baja (jembatan rangka baja). Oleh karena itu beberapa produk tersebut patut diperbandingkan, sebagai dasar para pelaku proyek menentukan produk yang akan digunakan. Seperti Corrugated Steel Pipe yang dibandingkan dengan Concrete Box Culvert pada proyek pembangunan jembatan bentang pendek (Short Span) berdasarkan mutu dan biaya yang berlokasi di kawasan BSD ini, sehingga nantinya diharapkan salah satu produk ini bisa digunakan diproyek tersebut dengan tepat dan efisien.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FTSP/SIP. 09 037
Call Number: STSP/09/074
NIM/NIDN Creators: 41105120038
Uncontrolled Keywords: perancangan jembatan
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 03 Dec 2009 15:28
Last Modified: 05 Jan 2023 08:07
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25353

Actions (login required)

View Item View Item