PEMODELAN KEBUTUHAN AIR BERSIH UNTUK RUMAH SAKIT STUDI KASUS PADA RUMAH SAKIT PANTAI INDAH KAPUK

ARINI, DINNY (2009) PEMODELAN KEBUTUHAN AIR BERSIH UNTUK RUMAH SAKIT STUDI KASUS PADA RUMAH SAKIT PANTAI INDAH KAPUK. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (SKRIPSI FULL)
41106120027 Dinny Arini.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Rumah sakit Pantai Indah Kapuk adalah suatu rumah sakit yang dalam memenuhi kebutuhan air bersihnya mengandalkan sumber dari air bawah tanah (deep well). Pengadaan 3 (tiga) unit sumur dalam (deep well) mampu memenuhi kebutuhan air bersih rumah sakit. Rumah sakit yang cukup modern ini berada diwilayah utara Jakarta, namun penyuplaian air bersih dari PDAM DKI Jakarta belum mampu menjangkau daerah tersebut. Selain menimbang masalah kuantitas (debit penyuplaian), kualitas pun juga menjadi perhatian. Untuk menjaga kualitas air yang digunakan, rumah sakit mengadakan system Water Treatment Plant (WTP). Kebutuhan air rumah sakit berdasarkan hasil monitoring dilapangan adalah sebesar 10215 M³/bulan. Kebutuhan ini adalah kebutuhan operasional rumah sakit. Dilakukan analisa kebutuhan rumah sakit berdasarkan jumlah hunian untuk kategori yang telah diklasifikasikan berdasarkan parameter-parameter standar WHO adalah sebesar 10097.58 M³/bulan. Dari data hasil analisa tersebut dibuat suatu pemodelan kebutuhan dengan melakukan regresi linier sederhana yang mengahasilkan suatu rumusan yang dapat digunakan sebagai acuan kebutuhan yang harus tersedia. Dengan melakukan analisa ketersediaan sumber air bawah tanah dilapangan dapat diketahui bahwa air bawah tanah mampu memenuhi debit air untuk kebutuhan rumah sakit yaitu sebesar 847.824 M³/hari, dengan pekiraan cadangan air bawah tanah adalah sebesar 286.521 M³/hari. Untuk memanfaatkan air buangan agar dapat digunakan kembali pihak Rumah Sakit Pantai Indah Kapuk mengolahnya dengan system Sewage Treatment Plant (STP), sehingga air buangan yang sudah diolah dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan penyiraman taman-taman rumah sakit. Kata Kunci : Air bawah tanah (deep well), Debit, WTP (Water Treatment Plant), Regresi Linier, STP (Sewage Treatment Plant.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FTSP/SIP. 09 044
Call Number: STSP/09/070
NIM/NIDN Creators: 41106120027
Uncontrolled Keywords: Air bawah tanah (deep well), Debit, WTP (Water Treatment Plant), Regresi Linier, STP (Sewage Treatment Plant
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 03 Dec 2009 14:46
Last Modified: 05 Jan 2023 07:18
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25350

Actions (login required)

View Item View Item