Rekayasa perangkat lunak berbasis web service dengan mengimplementasikan enkripsi symmetric key: studi kasus PT. dharma setia sakti (PT. DSS)

H.S, Dwi H (2009) Rekayasa perangkat lunak berbasis web service dengan mengimplementasikan enkripsi symmetric key: studi kasus PT. dharma setia sakti (PT. DSS). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (JURNAL MAHASISWA)
41506110005 Dwi H.S.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAKSI Penggunaan Web Service menjanjikan penghematan bandwidth dibandingkaan dengan akses via website, karena Web Services hanya menyediakan informasi atau services yang diperlukan saja, sedangkan di website terdapat informasi yang tidak diperlukan. Salah satu kelemahan dari teknologi Web Service adalah terbukanya akses terhadap service yang disediakan. Skripsi ini berusaha meneliti proses rekayasa perangkat lunak berbasis Web Service pada PT DSS dengan memperhatikan faktor keamanan akses terhadap service yang disediakan, dengan menggunakan enkripsi kunci simetris. Metode pengembangan yang digunakan adalah metode Waterfall dan analisis serta desain menggunakan pendekatan terstruktur. Sedangkan metode enkripsi yang dipergunakan adalah enkripsi sederhana yang hanya terdiri dari operasi XOR. Implementasi perangkat lunak dilakukan dengan memanfaatkan IDE Delphi versi 7.0. Dalam penelitian ini dihasilkan kesimpulan bahwa rekayasa perangkat lunak berbasis Web Service yang mempertimbangkan faktor keamanan akses Web Service sangat mudah untuk dilakukan, karena dalam IDE Delphi versi 7.0 sudah tersedia fasilitas dalam bentuk wizard dan karena proses pengamanan yang diterapkan adalah dengan cara melakukan enkripsi terhadap parameter pemanggilan Web Service menggunakan kunci simetris. Kata Kunci: Web Services, enkripsi symmetric key, metode analisis terstruktur, Delphi 7.0

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FIK/INFO. 09 098
Call Number: SIK/09/217
NIM/NIDN Creators: 41506110005
Uncontrolled Keywords: Web Services, enkripsi symmetric key, metode analisis terstruktur, Delphi 7.0
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 02 Dec 2009 16:01
Last Modified: 24 Nov 2022 02:37
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25320

Actions (login required)

View Item View Item