Penelitian ttg pengaruh temperatur nitrocarburizing (550o C - 700o C) thd perubahan sifat kekerasan dan struktur mikro pd material zircaloy-2"

Azmy, Fairul (2009) Penelitian ttg pengaruh temperatur nitrocarburizing (550o C - 700o C) thd perubahan sifat kekerasan dan struktur mikro pd material zircaloy-2". S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (SKRIPSI FULL)
01303-049 Fairul Azmy.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Proses Nitrocarburizing gas yang akhir-akhir ini meningkat penggunaannya dalam dunia industri. Nitrocarburizing gas, itu bertujuan untuk memperoleh lapisan permukaan logam (dari mana benda kerja terbuat) yang sedemikian kerasnya sehingga tahan aus, tahan benturan, tahan lelah dan tahan korosi, sedangkan nilai kekerasan tersebut dapat bertahan sampai suhu tinggi. Disini permukaan logam dari mana benda kerja terbuat, diperkaya dengan unsur nitrogen (N) melalui proses difusi atom nitrogen aktif ke dalam lapisan permukaan logam dari mana benda kerja terbuat sampai ketebalan tertentu. Pada suhu yang lebih tinggi, atom-atom nitrogen akan membentuk nitrida dengan atom-atom zirconium, demikian juga atom-atom unsur lainnya yang memiliki kemampuan membentuk nitrida yang sangat stabil Nitrocarburizing yang dilakukan dalam dapur fluidesed bed memberikan spesifikasi metalurgi yang lebih presisi dalam pelaksanaan operasi heat treatment. Biasanya proses Nitrocarburizing modern menghendaki kontrol atmosfir lebih cermat, pengaturan temperatur dan kehomogenan disamping berkurangnya biaya operasi serta kondisi operasi yang dapat diterima oleh operator. Dari hasil penelitian yang dilakukan maka diperoleh data sebagai berikut 5 %, oksigen 10,41 % dan zirconium 84,58 %. Dari hasil uji kekerasan dapat diketahui bahwa semakin tinggi suhu pemanasan nitrocarburizing maka nilai kekerasannya (HV) semakin kecil/ semakin rendah. Hasil pengukuran dan pengamatan struktur mikro dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi suhu pemanasan nitrocarburizing maka semakin dalam nitrogen dan carbon yang terdifusi pada zirconium, begitu juga sebaliknya.Dari hasil penelitian yang telah dilakukan di laboratorium, ternyata proses nitrocarburizing tidak dapat meningkatkan daya tahan pada material zirconium.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FTI/MSN. 09 023
Call Number: STI/09/533
NIM/NIDN Creators: 01303-049
Uncontrolled Keywords: temperatur nitrocarburizing
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 02 Dec 2009 10:57
Last Modified: 14 Jul 2022 04:11
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25297

Actions (login required)

View Item View Item