Santoso, Andri (2009) Analisa perancangan dies breket pintu pengemudi mobil daihatsu terios. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
Text (SKRIPSI FULL)
files916483937377.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Perkembangan industri automotif di tanah air semakin pesat dan maju, akan tetapi perkembangannya tidak tertuju kepada pengembangan teknologi melainkan pengekonomisan. Melihat kenyataan tersebut, Dalam Tugas akhir ini penulis merancang “ANALISA PERANCANGAN DIES BREKET PINTU PENGEMUDI MOBIL DAIHATSU TERIOS “. Dalam hal ini produk memakai material spcc dengan ketebalan product 1 mm. Metode perancangan dies ini dilakukan dengan pemilihan dari empat perancangan dies untuk hasil part yang sama ,lalu akan dipilih dua yang paling baik dan dicoba dianalisa dengan perhitungan untuk mendapatkan satu pilihan yang terbaik. Faktor ekonomis dan faktor teknik yang dijadikan penilaian utama . Faktor – faktor tersebut juga tidak lepas dari tuntutan customer ,jadi pemilihan tidak harus dengan nilai ideal semua ,tetapi lebih kepada tuntutan yang ingin dicapai oleh customer. Pada perancangan ini dipilih penentuan layout scrap strip memakai metode wide run karena menghasilkan 405 pcs setiap lembar material 2440 x 1220 mm. Efisiensi persentase material yang terpakai dihasilkan 36,39% dari seluruh material yang digunakan. Proses bending pada progresive dies ini dilakukan dua kali yaitu bending 30° lalu baru dilakukan proses bending 90°. Hal ini dilakukan untuk menghindari faktor springback. Kata Kunci = Progressive dies , punch , dan dies .
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FTI/MSN. 09 062 |
Call Number: | STI/09/447 |
NIM/NIDN Creators: | 41308010051 |
Uncontrolled Keywords: | dies breket pintu, Progressive dies , punch , dan dies |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 25 Nov 2009 14:02 |
Last Modified: | 20 Oct 2022 07:43 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25215 |
Actions (login required)
View Item |