Analisis jaringan komunikasi informal tentang kepuasan kerja pegawai di biro informasi dan persidangan kementerian bidang kesejahteraan rakyat

Pratiwi, Geni (2009) Analisis jaringan komunikasi informal tentang kepuasan kerja pegawai di biro informasi dan persidangan kementerian bidang kesejahteraan rakyat. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI GENI PRATIWI (44205010063) ANALISIS JARINGAN KOMUNIKASI INFORMAL TENTANG KEPUASAN KERJA PEGAWAI DI BIRO INFORMASI DAN PERSIDANGAN KEMENTERIAN KOORDINATOR BIDANG KESEJAHTERAAN RAKYAT i – xii + 133 halaman + 7 lampiran; 2009 Bibliografi : 28 Buku (1993-2008) Jaringan komunikasi informal terbentuk secara spontan, lebih santai, diluar struktur formal organisasi dan sifatnya yang informal membuat obrolan pun lebih pribadi. Jaringan komunikasi informal dalam menciptakan hubungan antar pegawai menjadi lebih akrab dan menimbulkan rasa solidaritas, dengan begitu jaringan tersebut dapat membantu organisasi menyelesaikan masalah internal organisasi. Rumusan masalah yang diangkat adalah bagaimana jaringan komunikasi informal tentang kepuasan kerja pegawai di Biro Informasi dan Persidangan Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakya (Kemenko Kesra). Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jaringan komunikasi informal tentang kepuasan kerja pegawai di biro tersebut beserta peran-peran individu dan bentuk pola arus komunikasi/model jaringan pada klik. Penelitian ini berdasarkan konsep-konsep yang berkaitan dengan jaringan komunikasi informal, yaitu kegunaan jaringan komunikasi informal, faktor terbentuknya saluran komunikasi informal, peran-peran individu yang ada di dalam jaringan komunikasi informal dan model-model klik yang terbentuk dengan pola arus komunikasi yang ada didalamnya. Adapun jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode analisis jaringan komunikasi. Kemudian penarikan sampel menggunakan total sampling, yaitu seluruh informasi diperoleh dari seluruh anggota populasi dilapangan berjumlah 26 orang dengan menyebarkan kuesioner. Hasil penelitian dilapangan menemukan jaringan komunikasi informal tentang masalah kepuasan kerja pegawai yang ada di dalam biro tersebut. Selain itu didapat peran-peran individu dalam jaringan tersebut yaitu, opinion leader, gate keeper, kosmopolite, bridge, liason dan isolate. Di dalam jaringan ini terbentuk empat klik diantaranya 2 klik berbentuk model all channel, 1 berbentuk model huruf “Y” dan 1 berbentuk model rantai/chain. Perlu ketelitian dalam mengelola hasil penelitian dan perlu ada pengembangan aspek penelitian.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 09 119
Call Number: SK/09/645
NIM/NIDN Creators: 44205010063
Uncontrolled Keywords: komunikasi informal, kepuasan kerja pegawai, jaringan komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 24 Nov 2009 09:46
Last Modified: 31 May 2017 02:08
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25170

Actions (login required)

View Item View Item