Strategi produksi program kuis cerdas cermat di TVRI (periode Juni 2009)

Hermawati, Lilis (2009) Strategi produksi program kuis cerdas cermat di TVRI (periode Juni 2009). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Televisi memiliki peranan yang penting karena televisi mampu mempengaruhi khalayak. Semua pihak stasiun televisi harus mampu menyajikan tayangan yang bersifat informasi, edukasi, dan menghibur bagi pemirsanya, tayangan-tayangan tersebut dihasilkan oleh orang-orang yang mempunyai ide-ide kreatif dan inovatif. Perkembangan bersaing di dunia televisi semakin marak, berlomba-lomba untuk menarik minat supaya mendapat target audien. Program Kuis Cerdas Cermat? Merupakan program kuis yang menguji pengetahuan dan pemahaman tentang pelajaran di tingkat SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi apa yang diterapkan oleh Program Kuis Cerdas dan periode yang digunakan adalah bulan Juni 2009. Strategi produksi program televisi diperlukan agar setiap program yang ditayangkan mencapai hasil yang optimal. Pada penelitian ini strategi yang digunakan adalah strategi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu dengan mempergunakan kegiatan orang lain, melalui tahap perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penggerakkan (actuating), dan pengawasan (controlling). Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif, dengan pendekatan kualitatif yang meberikan gambaran atau penjabaran tentang kondisi empiris objek penelitian berdasarkan karakteristik yang dimiliki. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Studi Kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam (indepth interview), bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penelitian dengan melakukan wawancara mendalam dengan beberapa narasumber dari tim produksi kuis cerdas cermat. Hasil penelitiannya adalah acara Kuis Cerdas Cermat, menggunakan strategi memperluas jaringan audience/pemirsanya khusus anak–anak dan program menggali pengetahuan dan kretifitas yang dapat mengasah daya fikir dan pemahaman anak - anak tentang pelajaran di sekolah tingkat SD. Kesimpulannya Strategi yang diterapkan oleh Kuis Cerdas Cermat adalah strategi memperluas jaringan audience/pemirsanya untuk produksi program yang khusus anak–anak dan program Kuis Cerdas Cermat adalah sebuah ajang di dunia pendidikan karena pendidikan dapat memajukan generasi bangsa. Sarannya adalah Kuis Cerdas Cermat, memberikan program untuk pemirsa khusus anak - anak, terutama di bidang pendidikan agar lebih banyak di produksikannya karena kebanyakan stasiun tidak memberikan program yang mendidik dan tidak bermanfaat bagi anak bangsa.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 09 058
Call Number: SK/09/639
NIM/NIDN Creators: 44105010153
Uncontrolled Keywords: produksi program
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 23 Nov 2009 14:05
Last Modified: 31 May 2017 02:08
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25165

Actions (login required)

View Item View Item