Kajian perkembangan bahasa rupa dan maknanya pd busana adat bundo kanduang daerah koto gadang kota Sumatera Barat (Studi kasus: busana adat BK daerah koto gadang tahun 2000)

Ismail, Mohamad (2009) Kajian perkembangan bahasa rupa dan maknanya pd busana adat bundo kanduang daerah koto gadang kota Sumatera Barat (Studi kasus: busana adat BK daerah koto gadang tahun 2000). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABTRAKSI Universitas : Universitas Mercu Buana Fakultas : Ilmu Komunikasi Jurusan : Komunikasi Visual Nama : Mohamad Ismail Judul : Kajian perkembangan Bahasa Rupa dan Maknanya pada Busana Adat Bundokanduang daerah Koto Gadang Kota Sumatera barat (studi kasus : Busana Adat BK daerah Koto Gadang tahun 2000) Sumatera Barat merupakan daerah yang di dominasi oleh bentang lahan perbukitan dan pergunungan dengan pengaruh berbagai budaya mulai dari Hindu, Islam dan Cina, berlatar budaya nelayan dan petani. Lewat kontak (diaspora) budaya dan politik dengan berbagai bangsa, masyarakat Indonesia memiliki seni tradisi yang kaya salah satunya adalah busana adat Bundokanduang. Ragam hias Bundokanduang termasuk busana adat Sumatera barat dan banyak memiliki perlambangan dan juga memiliki filosofi yang sangat tinggi. Samudera hindia sebagai daerah terdekat ikut menyumbangkan dalam pembentukan budaya kota Sumatera barat, lewat hubungan dagang dan politik. Budaya Minang itu sendiri terbentuk lewat akulturasi budaya lokal, Hindu, Islam dan Cina dengan latar seni istana serta memiliki komunitas masyarakat Hibriditas budaya. Pengaruh budaya busana adat tahun 2000 yang datang langsung ke masyarakat global lewat perdagangan maupun lewat jalur media tampak terlihat dari warna. Cina yang datang langsung ke Sumatera barat lewat perdagangan maupun lewat jalur Samudra Hindia dapat dilihat dari penggunaan motif-motif simbolis Cina seperti funiks, kilin, banji, meander, dimana dalam prosesnya motif Cina tidak ditiru begitu saja tapi diolah ke dalam nilai-nilai lokal konvensi masyarakat Sumatera barat sehingga menghasilkan berbagai perubahan bentuk. Kedatangan barang-barang keramik dan kain sutera dimana terdapat kesamaan ragam hias dan warna dengan motif busana adat bundokanduang kota Sumatera barat.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/KV. 09 003
Call Number: SK/09/635
NIM/NIDN Creators: 44405010021
Uncontrolled Keywords: Kajian perkembangan bahasa rupa
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Komunikasi Visual
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 23 Nov 2009 11:43
Last Modified: 31 May 2017 02:08
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25161

Actions (login required)

View Item View Item