Hiper-pornografi perempuan dlm iklan (Analisis semiotika jean baudrillard pd iklan malkis abon Sensai disetiap gigitan dan krim otot geliga sensasi terapi untuk relaksasi)

Karlianto, Nugroho (2009) Hiper-pornografi perempuan dlm iklan (Analisis semiotika jean baudrillard pd iklan malkis abon Sensai disetiap gigitan dan krim otot geliga sensasi terapi untuk relaksasi). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI NUGROHO KARLIANTO (44305010008) HIPER-PORNOGRAFI PEREMPUAN DALAM IKLAN (Analisis Semiotika Jean Baudrillard pada iklan Malkis Abon ”Sensasi di Setiap Gigitan” dan Krim Otot Geliga ”Sensasi Terapi Untuk Relaxsasi”) Xiv halaman + 93 halaman ; 6 table ; 6 gambar Bibliografi : 21 buku (1983-2008); 1 jurnal; 1 Skripsi; 11 artikel situs internet Iklan adalah setiap bentuk komunikasi yang dimaksudkan untuk memotivasi pembeli potensial dan mempromosikan penjualan suatu produk. Iklan yang bekerja melalui sebuah tanggapan atau reaksi dari pembeli potensial terhadap elemen-elemen yang terkandung dalam iklan. Berkaitan dengan apa yang disampaikan dalam iklan, ruang produksi makna dan dimana makna tersebut saling bertukar dan menjadikan iklan adalah wadah atau ruang penuh dengan makna, sehingga permasalahan dalam penelitian ini adalah makna apa yang terkandung dalam iklan dan apakah memiliki kecenderungan akan hiper-pornografi didalamnya ? Perangkat teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah tahapan awal menggunakan teori tanda Saussure, Tanda, petanda dan penanda lalu untuk menggali kecenderungan akan hiper-pornografi maka teori simulasi dan hiperrealitas Jean Baudrillard menjadi rujukan inti di dalam penelitian kedua iklan. Simulasi dari sebuah realitas iklan yang merujuk kepada realitas yang bukan kenyataan, kenyataan akan perempuan sebenarnya tertutup oleh realitas iklan. Penelitian yang dilakukan penulis adalah menggunakan paradigma kritis didasarkan pada pemikiran bahwa berbagai hal yang berkaitan dengan hiper-pornografi muncul dari pemahamanpemahan sosial khalayak yang terkonstruksi oleh realitas iklan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan analisis semiotika. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan membuat rekaman kedua iklan Krim Otot Geliga dan Malkis Abon sebagai data primer. Data sekunder didapat melalui studi literatur berupa buku, jurnal dan situs internet. Pada hasil penelitian diketahui pada kedua iklan memiliki kedalaman makna yang mengarah kepada hiper-pornografi seutuhnya setelah di teliti menggunakan teori Jean Baudrillard didapati bahwa kedua iklan adalah hasil dari simulasi dan menghasilkan efek yang mengarahkan perempuan menuju kekecenderungan hiperpornografi, berdasarkan hasil penelitian, Tema kedua iklan yang mengangkat sensasi akan seksualitas perempuan adalah tanda yang paling dominan di kedua iklan. Sistem iklan ini merujuk kepada film-film Hollywood, salah satunya film Devil Wear Prada dan juga sebuah novel karangan Tami Hoag “Luck’s Lady”. Genrenya film dan novel tersebut adalah fiksi fantasi dan romantis drama yang dikarang oleh seorang pengarang ataupun seorang sutradara dan penulis.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/MCA. 09 014
Call Number: SK/09/634
NIM/NIDN Creators: 44305010008
Uncontrolled Keywords: iklan - Analisis semiotika
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 23 Nov 2009 11:38
Last Modified: 31 May 2017 02:08
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25160

Actions (login required)

View Item View Item