Efek tayangan reality show main hati pd sikap dan perilaku pelajar smp al-mubarak pondok aren Tangerang

Akbar, Januar Ali (2009) Efek tayangan reality show main hati pd sikap dan perilaku pelajar smp al-mubarak pondok aren Tangerang. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAK Kata komunikasi atau comunicatin dalam bahasa inggris berasal darai kata latin Comunis yang berarti”membuat sama” atau istilah yang sering disebut sebagai asal-usul kata komunikasi. Dibidang komunikasi perkembangan inovasi dan keamjuan teknolgi menghasilkan bebagai sarana komunikasi yang mendorong meningkatkan kemampuan kepada peranan media elektronik seperti televisi. Televisi merupakan suatu media elektronik yang bisa berdampak postif dan negatif bagi para khlayak serta mampu menggerakan khalayak untuk melakukan sesuatu berdasarkan pengetahuan yang didapat dari televisi. Berdasarkan dari latar belakang diatas, dapat dirumuskan dalam penelitian yaitu, Sejauh mana efek tayangan reality show di SCTV pada perilaku berpacaran pelajar SMP Al- Mubarak Pondok Aren Tangerang.dan adapun tujuan penelitian yaitu mengetahui efektayangan reality show main hati di SCTV pada pelajar SMP Al-Mubarak pondok aren tangerang setelah menonton acara tersebut. Dalam suatu program media yang paling utama ditonjolkan untuk mempengaruhi khalayak luas yaitu bahasa gambar sebagai bahasa universal, dimaksud agar suatu program bisa menjakau semua lapisan segmen sosial dalam masyarakat. Pada penelitian ini penulis mengunakan teori uses and effect dan teori kultivasi, teori uses and effect yaitu suatu wacana teoritik tentang efek dalam pesan media massa terhadap konisi afeksi dan perilaku pada publik yang tidak terbatas sedangkan kultivasi merupakan media yang sebagai sarana untuk belajar tentang masyarakat dan kultur tentang kontak dengan televisi dan media lain. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif serta menggunakan metode survey. Data diperoleh dari siswa/i SMP tersebut yaitu dengan jumlah 97 responden. Data primer penelitian ini, diperoleh dengan menggunakan kuesioner dan diolah menggunakan teknik purposive sampling, analisis data dengan statistik deskripif. Hasil yang diperoleh dari tingkat pengetahuan di peroleh sebanyak 82,5% responden yang menarik dengan program reality show main hati, sedangkan pada tingkat perilaku diperoleh sebanyak 62,9% responden yang memilki perilaku baik. Dari hasil penelitian diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa pengetahuan responden terhadap program reality show main hati yaitu menarik, sedangkan dari tingkat perilaku responden juga berperilaku baik karena pesan moral yang disampaikan sangat terasa yaitu agar dapat mendidik manusia untuk berprilaku pacaran yang sehat karena dalam berpacaran itu mempunyai batesan-batesan yang harus kita jalankan.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 09 106
Call Number: SK/09/630
NIM/NIDN Creators: 44105010057
Uncontrolled Keywords: Efek tayangan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 23 Nov 2009 10:49
Last Modified: 31 May 2017 02:08
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25156

Actions (login required)

View Item View Item