Strategi komunikasi ICMC (International catholic migration commission) dlm mengimplementasikan program penanggulangan perdagangan orang (Trafficking) di Indonesia

Tantyawati, (2009) Strategi komunikasi ICMC (International catholic migration commission) dlm mengimplementasikan program penanggulangan perdagangan orang (Trafficking) di Indonesia. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAK SKRIPSI TANTYAWATI (44205110075) STRATEGI KOMUNIKASI ICMC (INTERNATIONAL CATHOLIC MIGRATION COMMISSION) MENGIMPLEMENTASIKAN PROGRAM PENANGGULANGAN PERDAGANGAN ORANG (TRAFFICKING) DI INDONESIA xiv + 81 Halaman, 9 Tabel, 5 Bagan, 13 Lampiran Komunikasi dua-arah di dalam organisasi dan dengan pihak luar berpengaruh besar pada efektivitas dan kesuksesan implementasi program suatu organisasi. Oleh karena itu, organisasi yang bersangkutan seharusnya mengkomunikasikan visi, misi, nilai, dan tujuannya kepada pihak-pihak terkait, khususnya pihak yang memiliki pengaruh. Upaya komunikasi demikian bertujuan menyamakan persepsi di antara pihak-pihak yang berpengaruh. Akuntabilitas ditengarai telah menjadi indikator utama dalam mengukur keberhasilan kinerja organisasi. Dimensi pengukuran mencakup pemenuhan pernyataan visi dan misi organisasi. Salah satu indikator yang nyata dan membumi adalah keberadaan mekanisme internal dan eksternal dalam mencapai tujuan organisasi. Strategi (komunikasi) yang seharusnya ada mencakup rencana terpadu, implementasi berjangka waktu, dan beberapa kerangka kerja logis guna mengontrol dan mengintegrasikan pesan (komunikasi) dan mendapatkan perspektif yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi melalui lima proses analisis inovasi: tahap Knowledge, Persuasion, Decisions, Implementation, dan Confirmation. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif, dilakukan dengan teknik in-depth interview kepada beberapa narasumber dan observasi langsung ke lapangan. Sehingga hasilnya dapat menggambarkan informasi yang mendetail, spesifik, dalam bentuk uraian, penjelasan disertai bagan dan tabel pendukung. Hasil penelitian menyatakan bahwa strategi komunikasi yang dikembangkan adalah dengan menggunakan mekanisme kemitraan dan model komunikasi dua arah terhadap stakeholder. Media komunikasi dikemas berdasarkan kebutuhan para stakeholder atau target komunitas, sehingga pesan benar-benar dapat terdifusi dalam komunitas sasaran. Oleh sebab itu, sebagai organisasi yang peduli pada masalah-masalah kemanusiaan, ICMC diharapkan dapat lebih mengembangkan rencana (strategi komunikasi) –nya berdasarkan analisis kerangka kerja logis secara berkala dan terbarukan.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 09 004
Call Number: SK/09/608
NIM/NIDN Creators: 44205110075
Uncontrolled Keywords: Strategi komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 19 Nov 2009 09:23
Last Modified: 31 May 2017 02:08
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25135

Actions (login required)

View Item View Item