Efektivitas komunikasi layanan kesehatan cuma2 dompet dhuafa utk meningkatkan kesadaran berobat pd komunitas di Ciputat Tangerang

Mardhiana, Rani (2009) Efektivitas komunikasi layanan kesehatan cuma2 dompet dhuafa utk meningkatkan kesadaran berobat pd komunitas di Ciputat Tangerang. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Sejalan dengan berkembangnya lembaga peneriamaan dan penyaluran Zakat, Infak dan Sadaqah dari pihak swasta yang ada di Indonesia, terbentuklah lembaga pengimplenentasian dari dana-dana yang diterima berbentuk Jejaring Program Kerja seperti Layanan Kesehatan Cuma-cuma di Dompet Dhuafa berkembang sebagai lembaga pelayanan kesehatan yang profesional, amanah dan ramah bagi kaum dhuafa yang membutuhkan layanan kesehatan gratis namun bermutu. Kebutuhan untuk mengkomunikasikan keberadaan lembaga ini kepada para dhuafa yang merupakan salah satu stakeholders utama menjadi permasalahan di sini yang mendasari penelitian ”sejauhmana efektifitas komunikasi Layanan Kesehatan Cuma-cuma Dompet Dhuafa untuk meningkatkan kesadaran berobat pada komunitas di Ciputat Tangerang”. Dalam penelitian ini, teori yang digunakan adalah Efektifitas Komunikasi oleh Jerry Hendrix yang berdasarkan teori Wilbur Schramm yaitu unsur-unsur yang mempengaruhi pemahaman. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian dekriftif eksplanatif dengan pendekatan obyektif menggunakan metode survey dengan penyebaran kuisioner dan mengambil sampel 110 pengguna layanan keehatan (member) dari 5700 populasi member aktif yang tercatat sebagai pemegang kartu member aktif pada bulan April 2009. Jumlah sampel ini didapat berdasarkan rumus Yamane dengan teknik analisa data Likert dengan gradasi sangat setuju sampai dengan sangat tidak setuju dengan rumus pengukuran Simpangan Kuartil. Berdasarkan hasil pengukuran skala Likert dengan Simpangan Kuartil diketahui nilai efektifitas komunikasi Layanan Kesehatan Cuma-cuma Dompet Dhuafa di Gerai Sehat LKC Ciputat Tangerang adalah efektif dengan nilai 12675 pada kuartil ketiga atau mencapai nilai lebih dari 60 %

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 09 019
Call Number: SK/09/606
NIM: 44206120012
Uncontrolled Keywords: komunikasi layanan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 19 Nov 2009 09:17
Last Modified: 31 May 2017 02:08
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25133

Actions (login required)

View Item View Item