Analisis isi perbandingan pemberitaan kampanye capres dan cawapres pemilu presiden 2009 pd program berita kabar petang di TV One dgn Metro Hari Ini di Metro Tv (Dilihat dari segi frekuensi berita, obyektifitas, dan arah berita) periode 2 - 13 Juni 009

Diana, Ellen (2009) Analisis isi perbandingan pemberitaan kampanye capres dan cawapres pemilu presiden 2009 pd program berita kabar petang di TV One dgn Metro Hari Ini di Metro Tv (Dilihat dari segi frekuensi berita, obyektifitas, dan arah berita) periode 2 - 13 Juni 009. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Seiring dengan perkembangan ilmu komunikasi dan teknologi informasi dalam kehidupan masyarakat dewasa ini, masyarakat lebih sering menggunakan media komunikasi, salah satunya ialah media massa. Salah satu jenis media massa adalah televisi. Melalui komuniksi massa, informasi dapat disampaikan kepada pemirsa yang luas dengan cepat secara hampir bersamaan. Media massa dapat memberitakan kampanye para calon presiden dan wakil presiden secara obyektif dan berimbang sesuai dengan nilai nilai pemberitaan yang ditentukan. Media massa memiliki kedudukan yang sangat istimewa dalam periode kampanye pemilihan presiden. Berdasarkan dari latar belakang diatas, rumusan dalam penelitian ini yaitu ; bagaimanakah kecenderungan program berita Kabar Petang dan Metro Hari Ini dalam pemberitaan mengenai kampanye pemilihan presiden 2009 – 2014. Kedua program tersebut merupakan program ungulan dari dua stasiun TV yang bergenre sama yakni TV Pemilu. Penelitian ini dimulai pada tanggal 2 Juni – 13 Juni 2009, dengan tujuan untuk mengetahui kecenderungan berita, obyektifitas, serta arah berita yang ditampilkan di Kabar Petang dengan Metro Hari Ini. Penelitian ini bersifat deskriptif yang menggunakan analisis isi. Data diperoleh melalui pengamatan langsung peneliti dengan metode analisis isi kuantitatif dengan menggunakan Coding Sheet Unit analisis. Dari analisis tersebut didapatkan data bahwa jumlah berita kampanye presiden di program Kabar Petang sebanyak 73 berita dan Metro Hari Ini 35 berita. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah adanya kecenderungan frekuensi pemberitaan berita kampanye capres yang menduduki tingkat teratas di program Kabar Petang dan Metro hari Ini dengan persentase masing – masing 31,4 % dan 39,7%. Obyektifitas berita program berita kabar petang dan metro hari ini cenderung obyektif. Dan pada arah berita, keduanya cenderung memberitakan ke arah positif. Melalui saran, diharapkan redaksi program berita Kabar Petang maupun Metro Hari Ini dapat lebih memperhatikan keseimbangan durasi pemberitaannya, serta durasi kesempatan nara sumber yang diberikan kesempatan yang sama agar berita lebih berimbang. Disisi lain peneliti berharap penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan referensi bagi penelitian lain.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 09 153
Call Number: SK/09/601
NIM/NIDN Creators: 44105010040
Uncontrolled Keywords: Analisis isi berita, TV ONE, KAMPANYE PEMILU
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 18 Nov 2009 14:45
Last Modified: 31 May 2017 02:08
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25128

Actions (login required)

View Item View Item