Efektivitas smartnet sebagai media komunikasi internal PR untuk menyampaikan informasi kepada karyawan di PT SMART Tbk

Castly, Susanna (2009) Efektivitas smartnet sebagai media komunikasi internal PR untuk menyampaikan informasi kepada karyawan di PT SMART Tbk. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI SUSANNA CASTLY (44206120030) Efektivitas “Smartnet” Sebagai Media Komunikasi Internal PR Untuk Menyampaikan Infromasi Kepada Karyawan di PT SMART, Tbk Teknologi komunikasi memberikan kemudahan berkomunikasi tanpa batasan ruang dan waktu. Dengan teknologi bermedia computer, karyawan dapat berkomunikasi dengan siapapun dan dimanapun dalam perusahaan, sehingga terjadi komunikasi dua arah antara karyawan dan atasan. PT SMART, Tbk Divisi Downstream telah memanfaatkan intranet (Smartnet) sebagai media komunikasi internal. Melalui Smartnet, karyawan dapat berkomunikasi dan sebagai media praktisi PR dalam membina serta memelihara komunikasi di internal perusahaan sehingga tercipta komunikasi yang harmonis, cepat, mudah, murah dan efektif. Hal ini yang menjadi tujuan diadakannya penelitian ini dimana peneliti ingin mengetahui sejauh mana efektivitas Smartnet PT SMART, Tbk dalam menfasilitasi komunikasi internal. Kerangka pemikiran yang digunakan adalah pengertian komunikasi, komunikasi organisasi, komunikasi internal, Public Relations, media internal dan intranet. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif survey yaitu penelitian yang mengambil sampel dari satu populasi dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data yang pokok. Populasi penelitian ini adalah karyawan PT SMART, Tbk Divisi Downstream. Peneliti mengambil total sampling dalam penentuan sampel, yaitu seluruh populasi sejumlah 120 orang responden. Hasil penelitian menunjukkan data empiris efektivitas dari keseluruhan dimensi adalah sejumlah 15.583 berada dalam range kuartil efektif. Hal ini menandakan pemanfaatan Smartnet efektif namun diperlukan up-date secara berkala dan diharapakan dapat lebih ditingkatkan kegunaannya sebagai media komunikasi internal.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 09 121
Call Number: SK/09/581
NIM/NIDN Creators: 44206120030
Uncontrolled Keywords: media komunikasi internal, smartnet, PR, informasi karyawan, PT Smart
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 18 Nov 2009 10:50
Last Modified: 31 May 2017 02:08
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25108

Actions (login required)

View Item View Item