Persepsi khalayak thd tayangan suara anda di metro tv (Studi deskriptif thd guru SMA negeri 3 di kecamatan karang tengah)

Octaviani, Intan Yuliana (2009) Persepsi khalayak thd tayangan suara anda di metro tv (Studi deskriptif thd guru SMA negeri 3 di kecamatan karang tengah). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Diantara media komunikasi yang ada, televisilah yang paling berpengaruh pada kehidupan masyarakat. Stasiun televisi yang mendeklarasikan dirinya sebagai stasiun televisi berita salah satunya adalah Metro TV. Metro TV adalah stasiun pertama di Indonesia yang menyiarkan berita dengan format interaktif melalui line telephone. “Suara Anda”, adalah program berita 30 menit yang menyajikan berita yang dapat pilih secara langsung. Setelah penayangan berita tersebut, audien juga dapat memberikan pendapatnya atas berita yang baru saja disajikan. Penulis memilih persepsi sebagai hal yang akan diteliti. Persepsi adalah pengalaman tentang objek, peristiwa, atau hubungan-hubungan yang diperoleh dengan menyimpulkan informasi dan menafsirkan pesan. Sebab dapat diketahui secara langsung, bagaimana persepsi guru SMA Negeri 3 di Kecamatan Karang Tengah-Tangerang terhadap tayangan “Suara Anda” di Metro TV? Audien disini yaitu responden yang notabennya adalah guru di SMA negeri 3 dikecamatan Karang Tengah, kota Tangerang. Penulis memilih guru di SMA Negeri 3 Karang Tengah sebagai responden karena guru termasuk ke dalam kaum intelektual. Dimana sebagai seorang pengajar, guru membutuhkan informasi lebih banyak guna memperluas pengetahuannya. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode survey, yaitu penelitian yang mengambil sampel dari satu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data yang pokok Teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu total sampling. Metode total sampling yaitu menjadikan populasi sebagai sampel. Jadi jumlah populasi dengan jumlah sampel adalah sama. Total sampling dipilih karena jumlah populasi pada penelitian ini hanya sebanyak 53 orang. Hasil yang diperoleh yaitu sebanyak 60.04% responden memberikan persepsi netral terhadap program “Suara Anda”, sedangkan 32.08% memberikan persepsi positif dan hanya 1.89% yang memberikan persepsi negatif. Pemirsa memiliki persepsi yang netral terhadap tayangan berita “Suara Anda”. Responden menganggap program berita “Suara Anda” perlu untuk memodifikasi virtual set agar lebih menarik dan tidak monoton.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 09 118
Call Number: SK/09/572
NIM/NIDN Creators: 44105010001
Uncontrolled Keywords: Persepsi khalayak thd tayangan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 17 Nov 2009 14:44
Last Modified: 31 May 2017 02:08
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25099

Actions (login required)

View Item View Item